Politik Pemerintahan

Tol Malang-Pandaan Gratis Selama Ramadan Hingga Lebaran

Malang (beritajatim.com) – Tol Malang-Pandaan seksi 1 hingga 3 diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Senin, (13/5/2019). Seksi 1 hingga 3 ini sepanjang 30,6 kilometer. Usai diresmikan, Jokowi mengungkapkan tol ini bakal digratiskan selama sebulan.

Jokowi mengaku telah meminta pengelola Jalan Tol menggratiskan Tol Malang-Pandaan sampai mudik lebaran. Sebab, tol ini telah dinantikan cukup lama oleh warga Jawa Timur. Selain itu, momentum mudik lebaran menjadi alasan sendiri untuk menggratiskan tol baru ini.

“Saya sudah pesan jangan sampai bayar dulu sampai lebaran harus gratis. Agar tidak membebani masyarakat, saat merayakan lebaran,” kata Jokowi.

Mengenai tarif, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tarif belum diberlakukan sepanjang masa sosialisasi kepada masyarakat. Apalagi, Presiden Jokowi juga meminta tol ini digratiskan. “Ruas tol ini sudah sangat ditunggu masyarakat, karena itu kita percepat pemanfaatannya, termasuk untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019,” ujar Basuki.

Sedangkan Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan penggratisan tol Malang-Pandaan dilakukan sejak Selasa, (14/5/2019) besok. Pengratisan bakal berlaku hingga 12 Juni atau setelah lebaran 2019. “30 hari kedepan tol ini gratis, dibuka besok jam 07.00 pagi sampai tanggal 12 Juni setelah hari raya,” tandas Rini. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar