Politik Pemerintahan

TNI AD Perbaiki 1.010 Rumah Tak Layak Huni di Gresik

Gresik (beritajatim.com) – TNI AD melalui Kodim 0817 Gresik memperbaiki 1.010 unit rumah tak layak huni (RTLH) yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Gresik.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0817 Gresik, Letkol Inf Budi Handoko mengatakan, dari 1.010 unit RTLH yang direhab sudah mencapai 85 persen. Dari jumlah itu paling banyak dilakukan di Gresik Selatan. Tepatnya, Kecamatan Wringinanom ada 100 unit RTLH,” katanya, Rabu (13/03/2018).

Letkol Inf Budi Handoko menjelaskan, kegiatan rehab tersebut bersumber dana dari Pemprov Jatim yang diswakelolakan kepada Kodam V/Brawijaya, dan Kodim jajaran sebagai pelaksananya, termasuk Kodim 0817 yang mendapat tugas mengerjakan 1.010 unit yang sudah berjalan sejak tahun lalu.

Menurutnya, terkait dengan rehab ini pihaknya hanya menerima material dan mengerjakan pembangunan saja. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan pemilik rumah yang tidak layak huni.

“Jika tidak kendala akhir bulan Maret 2019 bisa tuntas semua. Kami sangat berharap demikian,” paparnya.

Ia menambahkan, data penerima bantuan perbaikan RTLH berasal dari babinsa dan jajarannya, sehingga dapat dipastikan peruntukannya tepat sasaran untuk keluarga yang kurang mampu di wilayah kecamatan masing-masing.

“Untuk rehab RTLH ini babinsa sendiri dijadikan sebagai pelaksana langsung dan diawasi oleh Kodim 0817 dalam tata pelaksanaannya, sehingga benar-benar berjalan sesuai dengan harapan kami semua,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan rehab RTLH ini. Setiap rumah mendapat dukungan berupa material bangunan, sehingga pihak babinsa di lapangan tinggal melaksanakan perbaikan rumah.

Salah seorang penerima program RTLH di Kecamatan Wringinanom, Suminah (65) mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0817 Gresik yang telah memperbaiki rumahnya menjadi tempat tinggal yang layak dihuni.

“Terima kasih kepada bapak tentara yang memperbaiki rumah saya, sehingga saya bisa tinggal dengan nyaman,” ucap nenek dengan tiga cucu itu. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar