Politik Pemerintahan

Tender Usai, Wabup Tuban Minta Proyek Ring Road Segera Dikerjakan

Tuban (beritajatim.com) – Keberadaan rencana proyek pengerjaan Jalur Lingkar Selatan (JLS) atau Ring Road di Kabupaten Tuban sudah selesai dilakukan lelang dan telah dimenangkan sebanyak tiga kontraktor yang akan menggarap pekerjaan proyek jalan itu, Kamis (20/6/2019).

Dengan telah selesainya proses lelang proyek jalan lingkar selatan Kota Tuban itu, Wakil Bupati Tuban meminta supaya proyek segera dimulai proses pengerjaannya. Pasalnya, dikhawatirkan proyek jalan lingkar tersebut terjadi kemoloran dan tidak kunjung selesai hingga akhir tahun 2019 ini.

“Untuk Ring Road tiga ruas ini sudah selesai dilakukan tender. Ini kan sudah pertengahan Juni, saya akan pantau supaya segera dimulai,” terang Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati (Wabup) Tuban.

Wabup menyatakan, bahwa jika sampai pada awal Juli 2019 ini proyek tidak segera dimulai maka dikhawatirkan waktunya akan semakin mepet. Pasalnya, dalam pelaksanaan proyek jalan lingkar selatan Kota Tuban itu banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh kontraktor yang menang dalam tender itu.

Titik lokasi lahan untuk Ring Road Tuban

“Kalau tender ini batas terakhir kan awal Desember dan tahapan proyek cukup panjang. Mulai dari buka lahan, pengerasan, pembuatan pondasi jalan, lapisan-lapisan dan kemudian baru pengaspalan. Saya ingatkan untuk temen-temen kontraktor yang memenangkan tender untuk segera memulai,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan pengerjaan proyek ring road itu dijadikan menjadi tiga ruas bagian dengan dikerjakan tiga kontraktor yang telah menang lelang. Pembagian itu dilakukan dengan tujuan supaya pengerjaannya bisa maksimal dan bisa berjalan dengan cepat.

“Ada tiga kontraktor yang menang tender, kalau namanya saya tidak hafal. Ini dibagi menjadi tiga paket karena untuk mengurangi resiko saja. Kalau nanti hanya dijadikan satu paket khawatir terlalu panjang, karena ini untuk kontraktor tidak ada yang sekaliber nasional,” papar politisi PKB itu.

Adapun untuk sumber dana pembangunan Ring Road dengan tujuan mengurai arus lalu lintas kendaraan besar melewati tengah Kota Tuban itu berasal dari APBD Tuban 2019. Wabup menyatakan untuk besaran total nilai proyek tiga titik itu mencapai hampir Rp 70 miliar dengan panjang jalan sekitar 19 kilometer.

“Untuk pembebasan lahannya sudah beres. Ini kontraknya sudah jadi, mungkin paling lambat pengerjaannya minggu depan,” pungkasnya.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar