Politik Pemerintahan

Tak Masuk DPT, Warga Khawatir

Jember (beritajatim.com) – Ada sejumlah warga di Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemungutan suara, Rabu (17/4/2019).

Anang Bahtiar, seorang pegawai negeri yang tinggal di Kecamatan Kaliwates mengatakan, ada 83 warga di lingkungannya yang tak masuk DPT. “Padahal saya waktu pemilihan gubenur masuk dalam DPT,” katanya.

Anang heran kenapa namanya tak masuk DPT. “Istriku masuk loh,” katanya. Dia berharap tetap bisa menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Jember Ahmad Hanafi meminta warga tak khawatir walau tak masuk DPT. “Mereka tetap bisa mencoblos dengan menggunakan KTP elektronik. Mereka masuk dalam daftar pemilih khusus dan bisa mencoblos pada pukul 12.00-13.00,” katanya. Namun mereka hanya boleh mencoblos di TPS yang memiliki lokasi sesuai dengan alamat rumah di KTP.

Hanafi mengatakan, ada kalanya warga sebenarnya masuk dalam DPT tapi tidak mendapat undangan atau C6. Kendati tak punya undangan, mereka tetap bisa hadir di TPS dan menggunakan hak pilih. “Ada kalanya undangan C6 ini ketlisut. Tapi silakan cek nama Anda di website lindungihakpilihmu.kpu.go.id,” katanya. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar