Politik Pemerintahan

Tahun Depan, Dishub Ponorogo Naikkan Tarif ACS

Kepala Dishub Ponorogo Djunaedi [foto: dok.beritajatim.com]

Ponorogo (beritajatim.com) – Angkutan cerdas sekolah (ACS) sudah berjalan selama tiga tahun. Dari hasil evaluasi, semakin jarang pelajar yang berangkat sekolah menggunakan sepeda motor. Program ini diklaim juga mendapat apresiasi positif dari wali murid.

“Penerimaan masyarakat terhadap ACS selama ini baik. Kami jadi semangat untuk meningkatkan kualitas layanannya,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo Djunaedi, Sabtu (7/12/2019).

Meski responnya positif, sebenarnya armada yang ada sekarang masih kurang. Namun, Dishub tidak bisa berbuat apa-apa, karena dana yang terbatas. Dengan begitu, pihaknya tidak bisa menambah jumlah armada. Namun berdasarkan hasil evaluasi, Dishub Ponorogo tahun akan menaikkan tarif sewanya. “Kenaikan tarif ini juga sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap penyedia armada ACS,” katanya.

“Ini juga karena animo yang positif terhadap program ACS, jadi apresiasi juga kepada penyedia armada,” kata Kepala Dishub Djunaedi menambahkan.

Saat ini, Djunaedi menyebut, upah mengantar pulang pergi satu siswa dipatok Rp 3.400. Tahun depan, tarif sewa armada per siswa menjadi Rp 4.000. Jadi ada kenaikan sekitar Rp 600. Secara rinci ada beberapa jenis ACS yang disewa. Selain mobil penumpang umum (MPU), juga ada minibus.

Umumnya, satu MPU bisa mengangkut 12-14 siswa. Sedangkan minibus 20-22 siswa. “Kenaikan masih dalam batas wajar, karena kami juga mempertimbangkan kemampuan anggaran,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar