Politik Pemerintahan

Survei SSC: Emak-emak Lebih Dukung Jokowi, Pengangguran ke Prabowo

Surabaya (beritajatim.com) – Ada yang menarik dari hasil riset Surabaya Survey Center (SSC). Meski Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno melakukan penetrasi secara intensif kepada para emak-emak atau kaum perempuan dalam tiap kunjungan ke seluruh Indonesia, ia belum bisa mendapatkan hasil maksimal.

Lihat saja hasil surveinya di Jawa Timur. Di kalangan responden emak-emak, Prabowo-Sandiaga Uno meraih 40 persen suara. Sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin mengantongi 50 persen suara dengan 10 persen undecided voters (belum menentukan pilihan).

Namun pasangan yang diusung koalisi empat partai, Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat, ini justru meraih ceruk suara lumayan tinggi di kalangan penganggur. “Sementara di kalangan penganggur, Prabowo-Sandiaga Uno unggul dengan 55 persen dan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya mendapatkan 35,5 persen dengan 9,5 persen undecided voters,” kata peneliti SSC Elis Yusniawati dalam rilis hasil survei di Hotel Yello Jemursari Surabaya.

Elis memaparkan, Prabowo dan Sandi juga menang tipis di kalangan non-pekerja, yakni pelajar atau mahasiswa. “Keduanya mendapatkan 48,2 persen sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin mengantongi 42,8 persen dengan 9 persen undecided voters,” katanya.

Potret berkebalikan saat survei dilakukan di kalangan buruh atau pekerja. Untuk kalangan buruh, Jokowi-Ma’ruf Amin masih unggul dengan 60 persen sementara Prabowo-Sandiaga Uno mengantongi 28,5 persen dengan undecided voters sebesar 11,5 persen.

Lalu, di kalangan petani dan peternak serta nelayan, Jokowi-Ma’ruf Amin juga lebih diterima dengan perolehan 46,7 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno meraih 40,9 persen dengan 12,4 persen undecided voters.

Bagaimana dengan kalangan pensiunan dan ASN? Menurut Elis, di dua latar belakang itu, Jokowi-Ma’ruf Amin lebih unggul. “Di kalangan pensiunan, Paslon nomor 01 mendapatkan 55,5 persen dan nomor 02 meraih 35,5 persen dengan 9 persen undecided voters,” ujarnya.

Untuk ASN atau pamong desa, 52,5 persen mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin dan 37,5 persen memilih Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10 persen undecided voters. Terakhir, kalangan wirausaha kecil, mereka sebanyak 48,3 persen memilih Jokowi-Ma’ruf Amin dan 41,2 persen mendukung Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10,5 persen undecided voters.

Hasil survei yang dirilis oleh SSC berdasarkan pada survei yang dilaksanakan mulai 10-20 Desember 2018 di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Riset yang dilakukan menggunakan 1.070 responden melalui teknik stratified multistage random sampling of error kurang lebih sebanyak 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (tok/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar