Politik Pemerintahan

Kotak Suara Dirakit

Surat Suara Pilpres dan DPD di KPU Banyuwangi Belum Datang

Banyuwangi (beritajatim.com) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, Syamsul Arifin menyebut kotak suara sudah hampir 100 persen datang. Menurutnya, kedatangan kotak suara pemilu itu memang bergelombang.

“Kotak suara sejumlah 5116 TPS secara bergelombang sudah datang sudah mendekati angka 100 persen, sekarang sudah berada di gudang Kalirejo,” kata Syamsul, (14/2/2019).

Sejauh ini, kata Syamsul, pihaknya belum dapat memastikan adanya tambahan atau cadangan kotak suara. Pasalnya, seluruh logistik masih dalam proses perakitan.

“Jadi lima dikali sebanyak TPS, sekarang masih dalam proses perakitan. Kotak suara ini datang kan dalam bentuk lipatan, nanti akan diambil kesimpulan apakah ada yang rusak atau tidak,” ungkapnya.

Sejauh ini, proses perakitan kotak suara sudah selesai sekitar 6 ribuan. Teknisnya, petugas menyelesaikan kotak suara untuk pilpres dan disesuaikan dengan masing-masing TPS. Dalam proses ini setidaknya ada 20 tenaga dilibatkan.

Sementara itu, lanjut Syamsul, surat suara pemilu tinggal menunggu untuk Pemilihan Presiden dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Untuk surat suara calon legislatif DPRD, DPRD Provinsi dan RI semua sudah datang. Setelah ini, proses pelipatan yang melibatkan warga sekitar,” pungkasnya. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar