Politik Pemerintahan

Surabaya Seharusnya Tak Berkutat Pada Pembangunan Taman Kota Saja

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji punya catatan khusus tentang bagaimana menata Kota Surabaya ke depan agar lebih baik. Menurut Cak Ji, panggilan akrab Armuji, Kota Surabaya jangan hanya berkutat pada pembangunan infrastruktur dan taman kota saja.

“Surabaya tidak boleh hanya terhenti pada pembangunan infrastruktur kota dan taman saja. Maka, di sinilah pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM). Masyarakat kita harus ramah dan bikin betah orang lain untuk berlama-lama di Surabaya,” ucap Ketua DPRD Kota Surabaya, Armuji.

Orang nomor satu di DPRD Kota Surabaya ini juga mendorong agar sentuhan pembangunan pada masyarakat bawah harus dilakukan. Hal ini juga untuk mendorong agar semua warga Surabaya memiliki budaya partisipatoris dalam setiap aspek pembangunan.

Agar warga mau dan ringan berbuat untuk memajukan kota dan memiliki budaya disiplin, taat aturan, ramah, dan mau berperan demi kemajuan kota. Termasuk memberi porsi yang lebih memadai bagi generasi milenial yang akan menghiasi wajah Kota Surabaya ke depan.

Menurut Cak Ji, saat ini Surabaya telah menyongsong sebagai Smart City. Kota yang juga menjadi bagian dari kota-kota di dunia. Apalagi, beberapa kali pertemuan pemimpin setingkat kepala daerah dan menteri dari negara-negara lain telah digelar di kota ini.

Mau tidak mau, kata Cak Ji, Smart City yang sudah menjadi visi kota ini harus terus diimplementasikan dalam setiap sisi kehidupan kota.

Untuk menjadi Smart City, Cak Ji mengingatkan bahwa semua warga harus terlayani dengan cepat melalui layanan online. “Semua layanan pemerintah harus berbasis IT (teknologi informasi). Cukup melalui gadget, semua persoalan dan layanan warga sudah bisa dituntaskan,” lanjut Cak Ji yang 20 tahun menjadi saksi sejarah pembangunan kota Surabaya. [ifw/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar