Politik Pemerintahan

Suko Widodo: Jalannya Debat Santun dan Kalem

Dr Suko Widodo

Surabaya (beritajatim.com) – ┬áPakar komunikasi politik Universitas Airlangga (UNAIR), Dr Suko Widodo menyampaikan, jalannya debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam Pilpres 2019 antara KH Ma’ruf Amin dengan Sandiaga Salahuddin Uno berjalan lebih menarik.

Ia menjelaskan, jika menariknya debat karena jalannya yang lebih kalem dan santun, daripada dua debat sebelumnya yang terkesan ada gesekan yang berbuntut panjang.

Selain itu, kata Suko, jika kedua kandidat telah mempersiapkan diri dengan baik. Di mana, keduanya memiliki argumentasi yang baik. “Dalam debat ini Pak Ma`ruf terkonsep baik. Sedangkan Sandi cukup argumentatif, disertai data empirik dan disampaikan secara runtut dan menarik,” kata Suko.

Dikupas lebih dalam, Suko mengatakan, jika kedua kandidat memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihannya, KH Ma’ruf Amin dinilai memiliki konsep makro yang bagus. Sedangkan, Sandi dinilai mampu mengelola waktu, menyampaikan informasi secara padat dan jelas, serta komunikatif.

“Nah kelemahannya Pak Ma’ruf ini konsep bagus tapi tidak disertai pengalaman lapangan yang memadai, sehingga lebih banyak wacana rencana. Di sisi lain, Sandi malah kekurangan data, sehingga hanya mengandalkan temuan pengalaman di lapangan yang mungkin tidak representatif,” katanya.

Hanya saja, ia menyampaikan perlu ada upaya lebih untuk menyampaikan visi misi malam ini. Sebab, debat dirasa hanya berpengaruh kepada masyarakat terdidik yang jumlahnya tidak begitu banyak. [ifw/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar