Politik Pemerintahan

Sudah Direvisi, Eh… Almarhum Caleg Hanura Muncul Lagi di Surat Suara

Sapto Raharjanto

Jember (beritajatim.com) – Kelompok pemantau pemilu dari Women and Youth Development Institute of Indonesia (WYDII) melaporkan kejanggalan surat suara kepada Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Sapto Raharjanto, Koordinator WYDII mengungkapkan, ada nama calon legislator DPRD Jember yang sudah meninggal sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT) dan diganti dengan nama lain. “Tapi yang tercetak di surat suara itu adalah caleg yang sudah meninggal itu,” katanya, Kamis (25/4/2019).

Almarhum caleg yang dimaksudkan Sapto adalah Sugeng Hariyadi, calon legislator DPRD Jember nomor urut 5 di Daerah Pemilihan II dari Partai Hanura. Dia seharusnya sudah digantikan Ariandri Shifa Laksono. “Ini fatal. Seharusnya sang caleg merespons hal ini,” kata Sapto.

Sapto tak mau terjebak dengan dugaan adanya kepentingan pihak tertentu dalam persoalan ini. “Tapi yang jelas di sini mutlak ada kesalahan fatal, karena caleg sudah meninggal sebelum penetapan DCT dan sudah diganti. Menurut kami, suara yang terlanjur masuk tidak sah,” katanya.

“Kami ingin ini diusut. Bawaslu harus proaktif menyelesaikannya: kesalahannya terletak di mana. Nanti rekomendasi Bawaslu seperti apa,” kata Sapto. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar