Politik Pemerintahan

Sterilisasi Area Arek Lancor Pamekasan, Upaya Tegakkan Perda

Pamekasan (beritajatim.com) – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan, Amin Jabir menegaskan sterilasi area Arek Lancor dari para Pedagang Kaki Lima (PKL) sebagai upaya merealisasikan regulasi yang yang berlaku.

Regulasi tersebut tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2008 tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Termasuk soal penempatan PKL di area alun-alun kota Gerbang Salam.

Sebab saat ini, sejumlah PKL sempat mengutarakan kekecewaan atas kebijakan pemerintah yang melarang mereka berjualan di area Arek Lancor. Sehingga mereka merasa pemkab tidak berpihak kepada rakyat kecil yang tengah berupaya menyambung hidup melalui usaha kecil.

“Sebenarnya bukan kami memutus usaha para PKL, bahkan mereka masih tetap bisa berjualan. Tetapi kebijakan sterilasi ini sesuai dengan regulasi dan perundang-undangan yang berlaku,” kata Kepala DLH Pamekasan, Amin Jabir kepada beritajatim.com, Kamis (12/12/2019).

Disinggung soal kekecewaan sejumlah PKL terhadap kondisi tersebut, pihaknya menegaskan hal tersebut sebagai upaya penerapan perda. “Jadi bukan melarang, tetapi kami menerapkan perda jika PKL diperkenankan berjualan dari pukul 16:00 hingga pukul 22:00 WIB,” ungkapnya.

“Jika menyinggung soal kebijakan pemerintah yang tidak berpihak, itu salah besar. Bahkan Pak Bupati (Badrut Tamam) juga menambah durasi waktu bagi PKL di Arek Lancor, kalau sebelumnya hanya tiga hari, sekarang justru menjadi enam hari. Kecuali hari Jum’at,” tegasnya.

Terlebih saat ini pemerintah juga sudah menyiapkan lokasi khusus bagi para PKL di Eks RSUD Pamekasan, Jl Kesehatan. “Ikhtiar ini merupakan upaya konkrit dari pemerintah untuk memfasilitasi para PKL, bukan justru sebaliknya. Jadi bagi kami, kebijakan pemerintah ini sudah luar biasa,” pungkasnya.

Dalam beberapa hari terakhir, tampak sejumlah anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) tersebar di berbagai titik di area Arek Lancor. Mereka melakukan pengawasan sterilisasi area alun-alun kota dari para PKL mulai pagi hingga sore hari sesuai dengan regulasi. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar