Politik Pemerintahan

Soegianto Soelistiono Bukanlah Profesor IT UNAIR

Dr Suko Widodo

Surabaya (beritajatim.com) – Ramai dibicarakan publik, nama Soegianto Soelistiono, salah satu tenaga pendidik di Universitas Airlangga. Sosok tersebut dibicarakan lantaran kerapkali melancarkan protes Sistem Informasi Penghitungan Suara Komisi Pemilihan Umum (Situng KPU) lewat media sosial. Dalam media sosial facebook, dia kerap dipanggil dengan sebutan ‘Profesor Soegianto’.

Sebelumnya Soegianto Soelistiono mengunggah protes di laman facebooknya, Rabu, 1 Mei 2019, Soegianto yang kerap disebut pakar Informasi Teknologi Unair itu mengklaim menemukan salah input sebanyak 57.794 suara dalam situng KPU.

Saat ditelusuri lebih jauh, beritajatim.com mendapatkan informasi bahwa Soegianto Soelistiono memang dosen di Universitas Airlangga. Tepatnya ia merupakan dosen di departemen Fisika tetapi belum menjadi Profesor. Pernyataan ini disampaikan oleh Suko Widodo selaku kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR.

“Terkait kegiatan yang bersangkutan mengenai Situng KPU, hal tersebut merupakan pendapat pribadi bukan institusi. Tidak ada hubungannya dengan UNAIR,” ujar Suko.

Dari keterangan Suko pula didapatkan bahwa Soegianto belumlah bergelar Profesor dan keilmuannya tidaklah kompetible di bidang IT.

Saat ini pun, nomer pribadi Soegianto yang terhubung dengan aplikasi WhatsApp tidak dapat dihubungi selain itu, setelah unggahannya itu, dikabarkan akun FB Soegianto diblokir. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar