Politik Pemerintahan

SKCK Calon Anggota Dewan Terpilih Kedaluwarsa, Berkasnya Dikembalikan

Ponorogo (beritajatim.com) – Jalan menuju gedung DPRD Ponorogo bagi calon legislatif yang terpilih rasanya sedikit mengalami kendala. Saat prosesi pelantikan yang rencananya kurang dari sebulan itu, ada satu berkas berkas yang dikembalikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Yakni, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari para anggota DPRD 2019-2024. “Berkas SKCK itu tidak dikembalikan, tetapi untuk diperbarui lagi,” kata Ketua KPU Ponorogo Munajat saat dihubungi lewat sambungan telepon, Kamis (8/8/2019).

Munajat mengungkapkan, kewajiban mengenai penyiapan persyaratan para anggota DPRD terpilih berada di ranah pemkab. Dia menyebut bahwa pihaknya hanya menyetorkan data dewan mana saja yang akan dilantik. “Kami sifatnya hanya membantu, pengumpulan data maupun berkas tugas dari Pemkab,” katanya.

Sementara itu Kepala bagian Administrasi Pemerintahan Umum Eko Edi Suprapto menjelaskan, SKCK merupakan berkas yang dipersyaratkan kepada 45 caleg terpilih. Sebelum Gubernur Khofifah Indar Parawansa menerbitkan SK pelantikan terhadap mereka.

Dia melanjutkan, setelah semua berkas dikirim ke Pemprov Jatim, saat diteliti satu berkas SKCK dikembalikan supaya diperbarui. “Kami sudah berkomunikasi dengan KPU, memohon untuk dibantu mengkomunikasikan dengan caleg terpilih di Ponroogo guna memperbarui SKCK mereka,” kata Eko.

Kini, lanjut Eko, pihaknya yang mengakomodir pengumpulan berkas SKCK yang sudah diperbarui oleh para caleg terpilih tersebut. Menurut Eko, Pemprov Jatim menyampaikan bahwa Pemkab harus menyerahkan berkas maksimal satu seminggu sebelum jadwal pelantikan.

“Pelantikan dijadwalkan 1 September, maka berkas yang telah diperbaiki itu sudah harus diserahkan pada 25 Agustus nanti,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar