Politik Pemerintahan

Silpa APBD 2019 Pemkab Sampang Tembus Rp151 Miliar

Sampang (beritajatim.com) – Serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Sampang tahun 2019, masih menyisahkan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) sebesar Rp151 miliar.

Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) setempat, Saryono mengatakan, APBD tahun 2019 itu, masih menyisahkan SILPA hingga ratusan miliar. Meski demikian, pihak berdalih SILPA itu, sudah ada penurunan dari tahun sebelumnya serta diklaim tidak terlalu tinggi.

Penyebabnya, lantaran dana untuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), JKN dan BOS tidak terserap 100 persen dan masih dapat digunakan pada tahun anggaran berikutnya. “Untuk program fisik, hampir sudah terserap semua, sehingga adanya SILPA itu, lebih pada efisiensi anggaran,” terangnya, Kamis (2/1/2020).

Ia menjelaskan, dana tersebut nantinya dimasukkan lagi pada APBD 2020, untuk dapat digunakan lagi sesuai pengalokasiannya. Adapun besaran pendapatan Kabupaten Sampang, dari berbagai sumber diperkirakan mencapai Rp1,861 Triliun, sedangkan kebutuhan belanjanya Rp1,9 Triliun.

Sehingga, salah satunya diambilkan dari SILPA tahun sebelumnya. “SILPA ini pasti digunakan lagi, sesuai posnya masing-masing, dan sudah masuk ke APBD tahun ini,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, Fadol meminta, pemerintah daerah lebih serius lagi dalam merealisasikan dan menyerap anggaran yang tersedia, pihaknya mewanti-wanti pada tahun selanjutnya SILPA dapat diminimalisir. Menurutnya, tingginya SILPA tersebut, dikarenakan lemahnya perencanaan.

Tak hanya itu, Ketua DPRD Sampang ini juga mendorong Pemkab melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam merealisasikan program kerja, baik fisik dan non fisik perencanaanya yang matang, sehingga tidak lagi menyisahkan SILPA cukup tinggi.

“Untuk mengatasi SILPA kecil, salah satunya dengan cara, perencanaan yang matang dan memaksimalkan realisasi program di sejumlah OPD,” tandasnya. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar