Politik Pemerintahan

Siapkan 97 Armada Bus AKAP Trayek Sumenep – Jakarta

Sumenep (beritajatim.com) – Sebanyak 97 armada bus antar kota antar provinsi (AKAP) siap untuk melayani penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

“Untuk bus AKAP, 97 armada itu aktif semua, milik 5 perusahaan otobus (PO). Mereka rata-rata melayani trayek Sumenep – Jakarta. Ada sebagian yang melayani Sumenep – Bogor,” kata Koordinator Satuan Pelayanan (Satpel) Terminal tipe A Arya Wiraraja, Sumenep, Handoko Imam Hanafi, Jumat (24/06/2019).

Ia menjelaskan, setiap hari ada sekitar 17 armada bus AKAP yang tiba dari Jakarta, dan berangkat dari Sumenep ke Jakarta. “Jumlah itu meningkat dibanding tahun lalu. Kalau tahun lalu hanya sekitar 12-13 armada bus AKAP setiap harinya,” ujar Imam.

Sedangkan untuk jumlah penumpang, menurut Imam belum terlihat ada lonjakan yang berarti. Dalam satu hari, jumlah penumpang berkisar 250 orang, baik yang datang dari Jakarta, maupun yang berangkat ke Jakarta dari Sumenep.

“Rata-rata kalau pemudik dari Jakarta ini bekerja di sektor informal seperti penjaga toko. Jadi mereka gantian. Kalau mudik sekarang, maka akan ada penggantinya yang berangkat ke Jakarta,” terangnya.

Imam memaparkan, untuk penumpang bus AKAP, bisa membeli tiket dengan sistem on line, sehingga tidak terjadi antrian pembelian tiket di terminal.

“Mereka yang sudah beli tiket, langsung bisa ke terminal. Jadi hampir tidak ada penumpukan calon penumpang yang antri beli tiket, meski di puncak arus mudik,” paparnya.

Ia meyakini bahwa jumlah armada bus AKAP cukup untuk melayani pemudik jarak jauh tersebut. Apabila terjadi lonjakan penumpang hingga terjadi kekurangan armada bus, pihaknya sudah berkoordinasi dengan masing-masing PO untuk mengeluarkan armada cadangan.

“Tetapi Insya Allah tidak akan kekurangan armada. Jumlah pemudik masih bisa terlayani semua oleh armada yang ada. Tidak akan ada yang terlantar,” tandasnya. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar