Politik Pemerintahan

Seniman dan Budayawan Yogyakarta Undang Jokowi di Deklarasi 23 Maret

Jakarta (beritajatim.com) – Setelah gelombang dukungan dari alumni kampus dan cendekiawan di berbagai kota di Indonesia kepada pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin, seniman dan budayawan di Yogyakarta berencana menggelar acara puncaknya. Acara direncanakan pada 23 Maret mendatang, dengan mengundang kehadiran Capres Joko Widodo.

Hal itu terungkap dalam pertemuan antara para seniman Yogyakarta dengan Sekretaris TKN Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, Rabu (6/2/2019) sore. Diantara para seniman itu adalah Djaduk Ferianto, Butet Kertaredjasa, dan Kuss Indarto.

“Jumlah pemilih di Yogyakarta ini mungkin tak banyak dibanding propinsi lain. Namun Yogyakarta punya resonansi khusus yang bisa mengguncang,” kata Kuss Indarto.

Para seniman bergantian menyampaikan pernyataannya. Butet sendiri menekankan bahwa acara itu nantinya akan menjadi gong besar dari gelombang dukungan alumni kampus di hampir seluruh kota di Indonesia kepada Jokowi-Ma’ruf.

Sementara Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya merasa bangga dengan insiaitif para seniman yang ingin mewujudkan dukungannya lewat sebuah pagelaran budaya. Kata dia, kebudayaan adalah salah satu pencapaian tertinggi seluruh aspek kemanusiaan yang sebenarnya.

“Kami menanggapi positif terkait dengan deklarasi tanggal 23 Maret. Ketika kita berpolitik untuk mencari pemimpin untuk rakyat, bangsa dan negara, dimulai dengan tradisi kebudayaan, itu suatu hal yang sangat positif,” kata Hasto.

Kebetulan pula, lanjut dia, pada tanggal itu adalah saat pembukaan kampanye massal. Jika, misalnya, cawapres KH Ma’ruf Amin melakukan istighotsah di Jawa Timur dengan menampilkan tradisi keislaman Nusantara. Sementara Jokowi berada di Yogyakarta bersama para seniman.

“Ini suatu simbolisasi yang sangat baik untuk menampilkan seluruh jati diri ekspresi kebudayaan kita yang ditampilkan,” kata Hasto.

Bagi pihaknya, acara di Yogyakarta itu merupakan upaya menggelorakan kembali semangat Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan. Bahkan pihaknya siap mengajak Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk ukut hadir bersama seluruh tokoh kebudayaan.

“Kami berikan dukungan sepenuhnya dan kita sukseskan untuk paling tidak 23 Maret, itu gelora seluruh ekspresi kebudayaan nusantara, kebudayaan Indonesia sebagai watak dari kepemimpinan Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin ke depan,” ujarnya. [hen/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar