Politik Pemerintahan

Senam Pagi, Ratusan Ibu-ibu ‘Komunitas Sehat Surabaya’ Dukung KPK ‘Lebih Sehat’

Surabaya (beritajatim.com) – Komunitas Sehat Surabaya (KSS) melakukan aksi simpatik mendukung revisi UU KPK dan pimpinan baru KPK di acara Car Free Day (CFD) Darmo, depan Taman Bungkul Surabaya, Minggu (15/9/2019) pagi.

Ratusan warga Surabaya yang mayoritas ibu-ibu mendukung aksi itu dengan melakukan senam pagi dan beryanyi bersama dengan diiringi alunan musik yang dibawakan Paguyuban Musisi Jalanan dan Pengamen Surabaya. KSS juga membagikan selebaran berisi pernyataan sikap dukungan atas revisi UU KPK.

“Kami dari Komunitas Sehat Surabaya mengajak masyarakat untuk senam bersama. Senam ini untuk kesehatan masyarakat itu sendiri. Kami juga mengajak masyarakat memberikan dukungan kepada pemerintah melakukan revisi UU KPK. Kami tahu terjadi pro dan kontra di tengah masyarakat terkait permasalahan ini. Tapi kami yakin bahwa revisi UU KPK itu untuk memperkuat agar KPK lebih ‘sehat’ lagi,” kata Koorlap Aksi KSS, Alan kepada wartawan di lokasi acara.

Aksi ini akan terus dilakukan hingga revisi UU KPK disahkan pemerintah. Ini karena revisi UU KPK akan menguatkan peran KPK, bukannya malah melemahkan. Pihaknya mewakili masyarakat kecil menggelar aksi dukungan revisi RUU KPK.

“Kami menyuarakan perwakilan dari masyarakat kecil, mendukung revisi undang-undang KPK. KPK jangan takut akan perubahan ke arah yang lebih baik. UU 30/2002 sudah waktunya direvisi karena sudah berusia 17 tahun,” tegasnya.

Alasan mendukung revisi KPK, jelas Alan, karena KPK masih dianggap lemah dalam melakukan penindakan terhadap korupsi. KPK diperlukan adanya dewan pengawas.

“Biar lebih independen dan kuat lagi, KPK ini butuh lembaga pengawasan. Karena saat ini KPK masih ‘liar’ dalam menindak segala korupsi yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, mereka juga menyuarakan pemberantasan korupsi dan kinerja KPK yang lebih baik. Ada tujuh poin tuntutan yang mereka bacakan sebagai pernyataan sikap. Yakni:

1. Mendukung penuh revisi UU KPK untuk KPK yang lebih tegas, berintegritas dan profesional dalam mendukung penuh revisi UU KPK untuk KPK yang lebih tegas, berintegritas dan profesional dalam pemberantasan korupsi.

2. Revisi UU KPK bukan untuk melemahkan, namun justru menguatkan KPK.

3. KPK wajib diawasi agar penyidik KPK tidak liar.

4. KPK harus independen, jangan bermain politik praktis.

5. KPK bukan LSM, KPK bukan malaikat, KPK jangan kebal hukum.

6. Revisi UU KPK mengakomodir semangat pencegahan, koordinasi dan kerja sama antarlembaga penegak hukum tindak pidana korupsi.

7. Mendukung penuh Pimpinan KPK yang baru untuk KPK yang lebih baik. (tok)

Apa Reaksi Anda?

Komentar