Politik Pemerintahan

Sekretaris PDIP Jember: Birokrasi Lebih Sakti Ketimbang Partai

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Jember Bambang Wahjoe

Jember (beritajatim.com)- Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Jember Bambang Wahjoe menegaskan bahwa birokrasi adalah kunci dalam pelayanan publik. Maka jika terpilih menjadi bupati yang diusung PDI Perjuangan, misinya adalah memperbaiki birokrasi lebih dulu.

Hal ini dikemukakan Bambang dalam dialog publik yang digelar Universitas Jember dan Persatuan Wartawan Indonesia bertema pelayanan publik, di Warung Kembang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (19/11/2019). “Hari ini birokrasi harus benar-benar mengubah mind set dan semangat dari dilayani menjadi melayani,” katanya.

Bambang Wahjoe mengkritik situasi birokrasi pemerintah daerah Jember saat ini. “Saktinya birokrasi Jember hari ini mengalahkan partai politik,” katanya. Dia ingin kelak mengubah kondisi birokrasi Jember yang awalnya terdiri atas kelompok ‘elite’ tertentu menjadi abdi dan alat pemerintah melayani masyarakat.

Bambang mengenalkan konsep ‘CITRA’. “CITRA adalah bagaimana birokrasi melayani dengan cepat (C). Masyarakat kita dinamis. Kalau dihadapkan dengan sistem birokrasi yang rumit, akan mengganggu mereka. Birokrasi ke depan harus melakukan pelayanan cepat,” katanya.

“Huruf I adalah informatif, harus benar-benar memberikan informasi penting bagi masyarakat Jember terkait pelayanan publik. Ketika membuka website pemerintah Jember, yang dibaca adalah informasi penting,” kata Bambang.

“T, taat hukum. Biar pun terbuka, kalau tidak taat hukum juga susah. Artinya benar-benar konsisten dengan aturan yang dibuat,” kata Bambang.

“R, responsif. Yang dilayani orang banyak, maka harus responsif. Terakhir A, akurat,” katanya. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar