Politik Pemerintahan

Satu Parpol di Pamekasan Tak Setor LPPDK

Perwakilan DPC PPP Pamekasan, menyerahkan LPPDK ke KPU Pamekasan di Jl Brawijaya, Juncancang, Rabu (1/5/2019).

Pamekasan (beritajatim.com) – Satu dari total 16 partai politik (parpol) di Pamekasan, dipastikan tidak menyetor Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Pemilu 2019.

Satu parpol tersebut, yakni Partai Gerakan Perubahan Indonesia alias Partai Garuda. Parpol pendatang baru gagal menyetorkan LPPDK pesta demokrasi lima tahunan yang digelar serantak, Rabu (17/4/2019) lalu.

Padahal proses penyetoran LPPDK yang dilakukan KPU Pamekasan, dengan deadline waktu relatif panjang, yakni selama lima hari. Terhitung sejak Kamis (25/4/2019) hingga Rabu (1/5/2019) kemarin.

“Dari total 16 parpol di Pamekasan, hanya satu parpol yang tidak menyetor LPPDK, yakni Partai Garuda. Sementara 15 parpol lainnya selesai sesuai deadline waktu yang ditentukan,” kata Ketua KPU Pamekasan, Moh Hamzah kepada beritajatim.com, Kamis (2/5/2019).

Dari 16 parpol peserta Pemilu 2019 di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, masing-masing meliputi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB), PDI Perjuangan, Partai Demokrat (PD), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Gerindra.

Selain itu juga terdapat Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Sebelumnya pihak KPU Pamekasan, juga bakal memberikan sanksi tegas bagi para calon legislatif (caleg) jika parpol tidak menyetor LPPDK Pemilu 2019. Hal itu mengacu pada Peraturan KPU Nomor 29 Tahun 2018 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 24 Tahun 2018 tentang Dana Kampanye Pemilihan Umum.

Salah satunya berupa sanksi jika parpol terlambat melaporkan dana kampanye pemilu. “Dari awal kami sudah mewanti-wanti agar melaporkan tepat waktu atau sesuai dengan waktu yang ditentukan, sebab jika tidak resikonya justru akan menimpa caleg yang mereka usung,” tegasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar