Politik Pemerintahan

Satu Mobil Damkar Baru di Kabupaten Malang Belum Dioperasionalkan

Malang (beritajatim.com) – Bidang Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (PPK), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang sedikit bernafas lega.

Pasalnya, usulan pengadaan mobil Pemadam Kebakaran telah direalisasi dan mobil damkar tersebut sudah datang di area Pendopo Agung Kabupaten Malang, sejak tanggal 25 September 2019 lalu.

Sayangnya, pihak PPK Pemkab Malang belum bisa mengoperasionalkan. Hal itu dikarenakan mobil damkar baru belum diserah terimakan.

“Mobil Damkar tersebut memiliki kapasitas 3000 liter air. Mobil damkar ini model Single Cabin, di bagian belakang Cabin utama dibuat satu kompartemen terbuka yang difungsikan sebagai jok untuk crew. Tapi, kami belum bisa dioperasionalkan, karena belum serah terima,” ucap Kabid PPK Satpol-PP Pemkab Malang, Goly Karyanto, Selasa (19/11/2019).

Kata Goly, pihaknya saat ini telah memiliki total mobil 7 unit damkar, namun jumlah tersebut dinilai masih cukup kurang jika dilihat dari luasan daerah yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

“Saat ini ada dua unit damkar yang tidak dioperasionalkan, karena faktor usia dan ukuran yang besar. Jadi kami hanya memiliki lima saja, dengan mobil yang baru dan telah di uji coba,” jelasnya.

Menurut Goly, pihaknya berharap unit mobil damkar yang baru ini segera diserah terimakan, agar dapat segera dioperasionalkan.

“Rencananya Minggu kemarin diserah terimakan, tapi gak tahu kok diundur Minggu ini. Untuk waktunya kapan, saya masih belum tahu, jika dilihat jadwal Bupati Malang, bisa-bisa mundur lagi,” pungkasnya. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar