Politik Pemerintahan

Satpol PP Malang Ingin Satu Kecamatan Satu Peleton Linmas

Malang (beritajatim.com) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang mewacanakan setiap kecamatan memiliki satu peleton Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Hal itu diutarakan Kepala Satpol PP Kabupaten Malang, Nazarudin Hasan. Menurut Nazarudin, peran anggota Linmas akan dimaksimalkan. Mulai dari pengamanan Pilkades ataupun Pilkada hingga yang terkait bencana alam.

“Kita kedepannya sudah berpikir terkait becana, bagaimana kedepan mau kita bentuk satu kecamatan, satu peleton Linmas. Untuk reaksi gerak cepat, untuk menanggulangi bencana di Kabupaten Malang. Jadi sebelum kita turun, mereka sudah mendahului,” kata Nazarudin, Senin (9/12/2019).

Kata dia, untuk mewujudkan tiap kecamatan memiliki satu peleton Linmas yang beranggotakan antara 30 sampai 50 orang, dibutuhkan pelatihan khusus.

“Iya tentang kebencanaan nanti. Butuh anggaran itu. Perkiraan mungkin ya Rp 1 miliar lebih, untuk membentuk satu peleton satu peleton di 33 kecamatan,” terangnya.

Nazarudin melanjutkan, sejauh ini kendala yang dihadapinya untuk merealisasikan wacana tersebut adalah anggaran APBD yang terbatas.

“APBD kita memang belum mencukupi, insya Allah nanti waktu PAK akan kita ajukan lagi,” pungkasnya.

Nazarudin menyebutkan tiap-tiap peleton yang ada itu dibentuk dari anggota Linmas yang sudah ada. Jadi, tidak ada perekrutan anggota baru.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Ditjen Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri, jumlah anggota Linmas di Kabupaten Malang mencapai 12.980 orang. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar