Politik Pemerintahan

Armada Angkutan Lebaran Cukup

Satpel Terminal Arya Wiraraja Sumenep Yakini Tak Ada Penumpang Terlantar

Sumenep (beritajatim.com) – Armada bus angkutan lebaran di Terminal Arya Wiraraja Sumenep diyakini lebih dari cukup untuk menampung lonjakan penumpang saat arus mudik dan balik lebaran.

“Kami sudah mengantisipasi kalau misalnya terjadi lonjakan penumpang saat arus mudik maupun balik lebaran. Di Terminal Arya Wiraraja, angkutan lebaran sudah siap dan dalam jumlah cukup,” kata Koordinator Satuan Pelayanan (Satpel) Terminal tipe A Arya Wiraraja, Sumenep, Imam H, Kamis (23/5/2019).

Ia menjelaskan, untuk bus antar kota dalam provinsi (AKDP), ada sekitar 30-40 armada bus yang memiliki trayek, tetapi selama ini tidak aktif. Bus-bus tersebut biasanya akan aktif kembali memuat penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran.

“Sebagian besar trayeknya Sumenep – Banyuwangi. Bus-bus itu punya trayek, tapi jarang jalan. Nanti saat ramai pemudik, baru bus-bus itu masuk terminal,” papar Imam.

Berdasarkan data di Terminal Arya Wiraraja, jumlah bus AKDP yang laik jalan sebanyak 210 armada. Dari jumlah itu, 170 diantaranya berstatus aktif memuat penumpang. “Kalau bus antar kota antar provinsi (AKAP), jumlahnya 90, milik 5 perusahaan otobus. Dari jumlah itu, semuanya aktif jalan,” ujarnya.

Ia memprediksi, puncak arus mudik di Terminal Arya Wiraraja akan terjadi pada H-3 lebaran. “Tapi kami yakin, Insya Allah semua penumpang akan terangkut, karena jumlah armada bus kami lebih dari cukup,” pungkasnya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar