Politik Pemerintahan

Sampai Akhir Tahun, DPRD Ponorogo Janji Selesaikan 8 Raperda

Ketua sementara DPRD Ponorogo, Sunarto [Foto: Endra Dwiono]

Ponorogo (beritajatim.com) – Setelah pimpinan definitif dilantik dan alat kelengkapan dewan (AKD) terbentuk, DPRD Ponorogo rencananya akan membuat beberapa panitia khusus (pansus). Pansus tersebut akan bekerja untuk menyelesaikan delapan raperda.

“Diharapkan delapan raperda ini akan selesai diakhir tahun ini. Penyelesaiannya dibagi dalam beberapa pansus,” kata Ketua sementara DPRD Ponorogo Sunarto, Selasa (24/9/2019).

Beberapa raperda itu lima dari eksekutif sedangkan tiga sisanya merupakan inisiatif usulan dewan. Raperda itu terkait rancangan APBD 2020, peredaran minuman beralkohol (minol), pemekaran wilayah, revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW), hingga terkait struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) desa.

Sementara, dua dari tiga raperda inisiatif yang akan dibahas meliputi raperda terkait corporate social responsibility (CSR) serta pengelolaan jalan dan lalu lintas. “Rencananya, satu pansus akan dibentuk spesifik untuk menangani rancangan APBD 2020. Sementara, tujuh raperda lainnya akan dikebut antara dua atau tiga pansus,” katanya.

Khusus raperda terkait SOTK desa, Sunarto menyebut perlu diawali dengan konsultasi terlebih dahulu dengan biro hukum pemprov Jawa Timur. Selain delapan raperda tersebut, pembahasannya akan dilakukan pada tahun 2020 nanti. “Pihak eksekutif juga sepakat menyelesaikan delapan raperda ini diselesaikan dalam tiga bulan ini,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar