Politik Pemerintahan

Saksi Hanura Jember Desak Coblosan Ulang di Dapil 2

Jember (beritajatim.com) – Jumadi Made, saksi Partai Hanura, mendesak agar ada pemungutan suara ulang untuk calon legislator DPRD kabupaten di Daerah Pemilihan II Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Desakan Jumadi ini terkait dengan kesalahan dalam surat suara pemilihan DPRD Jember di Dapil II. Ariandri Shifa Laksono, calon legislator DPRD Jember nomor urut 5 di Daerah Pemilihan II, tidak tercantum dalam surat suara. Dalam surat suara justru tercantum nama Sugeng Hariyadi, calon legislator yang sudah meninggal dunia dan sudah diusulkan pergantiannya oleh DPC Hanura sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

“Hanura sangat dirugikan KPU. Caleg tersebut sudah bersusah payah kampanye ternyata tidak ada dalam surat suara. Apapun alasannya harus pemilu ulang,” kata Jumadi, di sela-sela rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilu di Hotel Aston, Kabupaten Jember, Senin (29/4/2019).

Menurut Jumadi, partai lain mendukung dilakukannya pemungutan suara ulang tersebut. “Sementara sudah ada dukungan dari partai lain untuk pemilu ulang DPRD kabupaten,” katanya.

Saat ini, rekapitulasi Dapil II ditunda, setelah ada interupsi dari Ayub Junaidi, saksi Partai Kebangkitan Bangsa. Ia minta agar persoalan Hanura diselesaikan lebih dulu.

“Saya tidak ada kepentingan. Tapi kalau yang menimpa Hanura menimpa kepada kami, kami kan menuntut. Hanura dijamin konstitusi,” kata Ayub. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar