Politik Pemerintahan

Sah! KPU Jombang Tetapkan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih

Jombang (beritajatim.com) – KPU Jombang menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD setempat hasil Pemilu 2019, Sabtu (10/8/2019). Dari pleno tersebut diketahui PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) mendulang 10 kursi atau mendapatkan kursi paling banyak.

Sedangkan posisi kedua ditempati oleh PDIP yang juga mendapatkan 10 kursi. Meski antara PKB dan PDIP sama-sama mendapatkan 10 kursi, namun suara terbanyak diraih oleh partai berlambang bola dunia. “Penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih berjalan lancar. Tidak ada keberatan dari saksi, juga tidak ada keberatan dari pengawas Pemilu,” kata Ketua KPU Jombang Athoillah.

Atok, sapaan akrab Athoillah menjelaskan, dari penetapan itu juga diketahui bahwa pemenang Pemilu di Jombang adalah PKB. Partai tersebut memperoleh suara terbanyak. “Kalau dari segi suara, PKB terbanyak. Namun jumlah kursinya sama dengan PDIP. Masing-masing 10 kursi,” katanya menambahkan.

Dalam rapat pleno tersebut lima komisioner KPU Jombang membacakan hasil penghitungan yang dilakukan dengan metode metode Sainte Lague. Tahap pertama dibacakan perolehan kursi parpol di masing-masing dapil (daerah pemilihan). Setelah kelas enam dapil, selanjutnya dibacakan para caleg terpilih dari dapil I hingga VI.

Para hadirin yang merupakan para saksi dan pengurus parpol menyimak secara seksama paparan dari komisioner KPU tersebut. Hingga pembacaan selesai tidak ada keberatan yang terlontar dari saksi. Begitu juga dari Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu).

Dari pemaparan tersebut diketahui, 10 kursi yang diraih PKB tersebar di enam dapil yang ada di Kabupaten Jombang. Untuk dapil Jombang I (Jombang-Peterongan), Jombang II (Diwek, Sumobito, Jogoroto), dapil Jombang III (Mojowarno, Mojoagung, Bareng, Wonosalam), dapil Jombang V (Kabuh, Plandaan, Kudu, Ngusikan, Ploso), masing-masing mendapatkan dua kursi.

Sedangkan dapil Jombang IV (Bandar Kedungmulyo, Perak, Ngoro, Gudo) dan dapil Jombang VI (Kesamben, Megaluh, Tembelang), masing-masing mendapat satu kursi. Sehingga jumlah total perolehan kursi PKB sebanyak 10. Dari jumlah itu, ada wajah lama, ada pula caleg terpilih wajah baru.

Selanjutnya PDIP. Di dapil Jombang I, III, IV dan VI, partai besutan Megawati ini mendapatkan dua kursi. Sedangkan dapil II dan V, masing-masing hanya satu kursi.Dengan demikian, dari enam dapil, PDIP mengoleksi 10 kursi di DPRD Jombang.

Selain PKB dan PDIP, parpol yang suaranya melejit di pemilu 2019 adalah PPP (Partai Persatuan Pembangunan). Betapa tidak, partai berlambang Kabah ini mendapatkan tujuh kursi di DPRD Jombang. Perolehan tersebut cukup signifikan dibanding sebelumnya. Pada pemilu 2014, PPP hanya mendapatkan empat kursi.

Bagimana dengan Partai Golkar? Parpol berlambang pohon beringin ini hanya mendapatkan lima kursi dalam pemilu 2019. Lima kursi tersebut diraih dari dapil II, III dan V, yang masing-masing satu kursi. Sedangkan tambahan dua kursi berasal dari dapil IV.

Sedangkan PKS (Partai Keadilan Sejahtera), dari pemaparan KPU, hanya mendapatkan tiga kursi di DPRD Jombang. Masing-masing dari dapil I, IV dan VI. Kemudian Partai Nasdem mendapatkan satu kursi. Perolehan kursi itu didapat dari dapil Jombang II.

Selanjutnya Partai Demokrat mampu mengoleksi lima kursi. Perolehan tersebut berasal dari dapil I, II, III, IV dan V. Satu kursi Partai Demokrat melayang di dapil VI. “Sedangkan PAN (Partai Amanat Nasional) mendapatkan tiga kursi. Yakni, dari dapil II, III dan VI,” ujar Atok.

Hasil mengejutkan justru ditunjukkan oleh Partai Perindo. Betapa tidak, meski pendatang baru dalam pemilu 2019, namun Perindo Jombang mampu meraih dua kursi di DPRD. Dua kursi itu berasal dari dapil Jombang I dan III.

“Seluruh caleh terpilih kita minta menyerahkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara). Paling lambat tujuh hari setelah penetapan ini,” pungkas Atok. [suf]

Perolehan Kursi di DPRD Jombang
PKB = 10 Kursi
PDIP = 10 Kursi
PPP = 7 Kursi
Partai Golkar = 5 Kursi
Partai Demokrat = 5 kursi
Partai Gerindra = 4 kursi
PKS = 3 Kursi
PAN = 3 Kursi
Partai Perindo = 2 Kursi
Partai Nasdem = 1 Kursi

Apa Reaksi Anda?

Komentar