Politik Pemerintahan

Sah, Bupati Anas Lantik 128 Kepala Desa di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Sebanyak 128 Kepala Desa (Kades) se Banyuwangi hasil pemilihan kepala desa serentak beberapa hari lalu telah resmi dilantik oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Mereka secara resmi menjabat pemimpin desa masing-masing selama masa bakti 6 tahun kedepan.

Sejumlah tugas menanti para kepala desa ini. Di antaranya, membuat keputusan tegas, detail, inovatif, dan kreatif.

“Saya minta kades ini harus tegas dalam mengambil keputusan, tidak hanya tegas tapi juga tepat dan bijaksana. Detail dalam mengerjakan sesuatu, inovatif dalam bidang pelayanan desa, saya tidak mau ada yang mengeluh pelayanan desa lambat, susah dan lainnya. Kreatif dalam memanfaatkan kondisi untuk memajukan daerahnya. Misalnya saya minta setiap desa harus punya unggulan, contoh wisata satu saja, dan unggulan kuliner,” kata Bupati Anas, kepada para kades.

Selain itu, hal pertama yang harus diperhatikan juga mengenai stabilitas keamanan. Termasuk menyatukan warga yang awalnya menjadi lawan dan pendukung.

“Tim sukses berakhir sampai di sini, setelah ini tidak ada hutang pribadi kepada mereka sehingga membuat suasana di lingkungan desa tidak kondusif. Termasuk kepada lawan calon kades dan pendukung lainnya. Harus ada komunikasi jadi agar semua terlayani,” ungkapnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga menyampaikan empat poin yang bisa menjadi pegangan prioritas dalam menjalankan kinerja selama menjabat.

Beberapa poin tersebut selaras dengan upaya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk memajukan daerahnya, mulai dari persoalan pendidikan kesehatan, pelayanan publik, pembenahan pengelolaan sampah dan pengembangan destinasi wisata.

“Jadi ada 4 poin ada pendidikan kesehatan orang miskin kalau ada keluhan harus segera ditangani tidak harus bergantung pada APBD karena harus bisa gotong-royong. Yang kedua pelayanan publik harus melayani rakyat dan kalau tidak dengan IT sekarang susah repot, ketiga kita minta sampah dibenahi agar dengan melibatkan rakyat, lalu terkait destinasi wisata. Jadi ini adalah hal hal penting yang kita sampaikan tadi,” pungkasnya. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar