Politik Pemerintahan

Rumah Miseri Jadi TPS Tertinggi di Jawa Timur

Malang (beritajatim.com) – Faktor geografis, menjadikan tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Malang ini bisa jadi TPS tertinggi di Jawa Timur, atau bahkan Pulau Jawa.

Ya, inilah TPS 13 yang berada di Desa Tamansatriyan, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Posisi TPS 13 memakai halaman rumah warga bernama Miseri. Lokasi persisnya, TPS 13 ada di Jalan Raya Semeru, Dusun Karangsuko RT 20 RW 05, Desa Tamansatriyan, Kecamatan Tirtoyudo.

Posisi TPS ini, setelah atau di belakang Kantor Balai Desa Tamansatriyan. Dalam peta bumi, wilayah Tamansatriyan berada pada ketinggian 1.500 sampai 1.750 meter dibawah permukaan laut (mdpl).

Posisi TPS, ada pada ujung terakhir desa setempat. Lurus ke arah timur dari lokasi TPS itu sejauh 2 hingga 3 kilometer, sudah masuk hutan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Sementara jarak TPS 13 dengan gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru, berkisar 8 hingga 10 kilometer.

“TPS 13 memang berada di lereng gunung semeru. Sore ini kebetulan cuaca agak mendung sehabis hujan deras. Kalau cuaca cerah, kita bisa melihat posisi gunung semeru dengan jelas dan bagus dari posisi TPS ini,” terang Panitia Pemilihan Kecamatan (PKK) Tirtoyudo, Kholiq Eko Prasetyo, Selasa (16/4/2019) sore pada beritajatim.com.

Jika lokasi TPS 13 berada pada ketinggian 1.750 mdpl, itu berarti lokasi pemilihan suara di Kabupaten Malang ini, lebih tinggi dari Gunung Penanggungan (1.653 mdpl) maupun Gunung Kelud di Blitar dan Kediri yang hanya 1.731 mdpl.

“Kalau melihat dari peta, posisi desa Tamansatriyan saja berada pada ketinggian 1.500 sampai 1.750 mdpl. Dari lokasi TPS 13 ini masih ada bangunan candi yang lokasinya, berada persis dibawah kaki Gunung Semeru, yakni Candi Jawar,” beber Eko sapaan akrabnya.

Menurut Eko, ada sebanyak 22 TPS di Desa Tamansatriyan. TPS tersebar di tiga dusun yakni Dusun Karangmulyo, Dusun Karangsuko dan Dusun Tamansatriyan. Jumlah daftar pemilih tetap untuk seluruh warga se Desa Tamansatriyan dengan tiga dusunnya mencapai 4.995 jiwa.

“Jumlah DPT untuk satu desa Tamansatriyan 4.995 jiwa. Sementara khusus DPT di TPS 13 yang lokasinya paling tinggi dan terakhir sebanyak 198 jiwa,” paparnya.

Eko menambahkan, sejauh ini persiapan dan pelaksanaan untuk pencoblosan besok sudah maksimal. “Alhamdulillah sampai tadi siang jam 13.00 wib seluruh logistik sudah terdistribusi di masing-masing PPS mas,” pungkas Eko. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar