Politik Pemerintahan

Ruko yang Langgar Aturan Sepadan Sungai Kali Jompo Terancam Digusur

Jember (beritajatim.com) – Rumah toko (ruko) yang berdiri di atas sepadan sungai Kali Jompo, Jalan Sultan Agung, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, terancam digusur. Pendirian bangunan di atas sepadan sungai membahayakan warga.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Jawa Timur Wilayah Jember dan Lumajang Djoko Wahjono mengatakan, Kali Jompo adalah ordo dua Sungai Bedadung yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi. “Sebenarnya masyarakat tahu undang-undang soal sepadan sungai. Kalau ada pembangunan apapun semestinya harus izin kepada yang punya kewenangan,” tambah Djoko.

Bagaimana jika ada pelanggaran aturan terhadap pendirian bangunan di atas sepadan sungai? “Sebenarnya tidak boleh (ada bangunan). Tapi kami tidak tahu tahun berapa (bangunan berdiri). Maka itu pendataan penting. Kalau itu pelanggaran, ya digusur,” kata Djoko.

Namun untuk menyelesaikan persoalan ruko tersebut, ia siap duduk bersama dengan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Jember. “Kami akan melakukan pendataan terhadap bangunan-bangunan di atas Sungai Jompo,” kata Djoko. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar