Politik Pemerintahan

Ribuan Warga Gresik Tunggu Penyerahan Sertifikat Tanah Program PSTL dari Jokowi

Gresik (beritajatim.com) – Ribuan warga Gresik dari lima kecamatan, yakni Kecamatan Bungah, Duduksampeyan, Panceng, Ujungpangkah, dan Wringinanom, menunggu pembagian sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PSTL) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan dalam kegiatan sertifikat tanah untuk rakyat yang diselenggarakan di SOR Tri Dharma PT Petrokimia Gresik, Kamis (20/06/2019).

Berdasarkan data Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Gresik. Ada 3.200 sertifikat tanah yang dibagikan dari target 53.200 selama tahun 2019. “Untuk simbolisnya ada lima kecamatan yang nantinya diwakili oleh warga untuk menerima sertifikat tanah,” ujar Kepala Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Gresik, Asep Heri.

Masih menurut Asep, dari target 53.200 sertifikat tanah. Nantinya akan diberikan secara bertahap tidak hanya dilakukan di lima kecamatan saja. Namun, juga dilakukan di kecamatan lainnya. “Nantinya penyerahan sertifikat tanah selanjutnya dilakukan secara bertahap,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga penerima sertifikat tanah Qurrotul Aini (40) asal Desa Samirplapan, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik mengaku senang mendapat sertifikat tanah dari pemerintah. Pasalnya, dirinya mengurus sertifikat tanah sejak Januari 2019. “Senang sekali mendapat sertifikat tidak berbelit-belit serta mengurusnya tidak lama,” ungkapnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar