Politik Pemerintahan

Ribuan Petani Hutan Dukung Jokowi-Ma’ruf

Surabaya (beritajatim.com) – Ribuan petani hutan yang tergabung dalam Masyarakat Pemerhati Pangan (Mappan) Indonesia Cabang Kabupaten Lamongan dan Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial (Gema Perhutsos) melakukan deklarasi dukungan untuk capres dan cawapres 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Jubir Mappan Lamongan, Miftahil Rohim mengatakan, para petani hutan datang dari berbagai desa hutan di Lamongan. “Mereka menginginkan Pak Jokowi terpilih kembali, agar program perhutanan sosial ini berlanjut,” tegasnya.

Selain memberikan dukungan kepada Jokowi, para petani juga menyampaikan aspirasi terkait izin pengelola.

Sementara itu, Ketua Mappan Jawa Timur Purwadi menambahkan, ratusan ribu keluarga petani hutan sangat berterima kasih kepada Jokowi, karena sejak dicanangkannya program Perhutanan Sosial, para petani hutan banyak mendapatkan banyak manfaat.

“Mereka bisa mengolah lahan dengan aman. Jawa Timur masih ada rarusan ribu hektare lagi yang perlu diakses petani. Kami sedang mengajukan ke Kementerian LHK. Lahan-lahan itu tersebar di Jombang, Mojokerto, Nganjukndan daerah lain, termasuk Lamongan. Perlu ada percepatan program Perhutsos ini di Jawa Timur,” tambahnya.

Hal senada dengan Mappan, Gema Perhutsos melalui kordinatornya, Siti Fikriah Khuriati menegaskan, bukan hanya di Jawa Timur saja, tapi juga Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Kami juga sedang mendorong percepatan di beberapa kabupaten di Jawa Tengah, seperti Pemalang, Batang, Pekalongan dan sebagainya. Yang lebih penting adalah ke depannya, aturan yang ada agar didorong lebih maju. Aspirasi kami kepada Pak Jokowi begitu Pak Jokowi terpilih kembali, agar program Perhutanan Sosial segera diundangkan. Jadi, bukan hanya melalui Peraturan Menteri, tapi lebih maju lagi dengan Undang-undang Perhutanan Sosial,” pungkas Siti. (tok/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar