Politik Pemerintahan

Resmikan Tol Malang-Pandaan, Jokowi: Cukup 1 Jam dari Malang ke Surabaya

Malang (beritajatim.com) – Tol Malang-Pandaan seksi 1 hingga 3 diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Senin, (13/5/2019). Seksi 1 hingga 3 ini sepanjang 30,6 kilometer. Jokowi menyebut, peresemian tol bakal memangkas waktu tempuh dari Malang menuju Surabaya.

“Tol Malang ke Surabaya sangat dinantikan lama oleh masyarakat. Karena jarak tempuh Malang ke Surabaya itu bisa sampai 3 hingga 4 jam dengan tol bisa memangkas waktu, sampai 1 jam saja dari Malang ke Surabaya,” kata Jokowi.

Jokowi menyebut, peresmian tol Malang-Pandaan bakal mempercepat mobilitas barang, jasa, dan orang. Apalagi persemian dilakukan di bulan ramadan. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga selama musim mudik lebaran 2019.

“Semoga tol ini bisa mempercepat mobilitas barang, jasa, dan orang. Semakin mempermudah dan secara cost juga semakin murah,” tandasnya.

Pada exit Singosari juga tengah dikerjakan pembangunan Underpass Karanglo yang berfungsi memecah arus lalu lintas dari Malang ke Surabaya atau sebaliknya, dengan kendaraan yang keluar Singosari menuju Batu sehingga tidak menimbulkan kemacetan.

Untuk mengantisipasi terjadinya genangan, Underpass Karanglo dilengkapi drainase yang mengalirkan air secara gravitasi ke Sungai Bodo yang lebih rendah elevasinya melalui dua pipa HDPE berukuran 60 cm. Ditambah tersedianya pompa submersible untuk mengalirkan air saat hujan hingga Sungai Bodo. Pembangunan Underpass Karanglo merupakan bagian dari pekerjaan pembangunan Tol Pandaan-Malang Seksi 3.

Konstruksi Tol Pandaan-Malang Seksi 5 sepanjang 3,1 Km sempat tertunda karena ditemukannnya situs budaya sehingga dilakukan pergeseran trase sejauh 17 meter dari trase awal.

Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang sahamnya dimiliki PT. Jasa Marga sebesar 60%, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5%. Biaya investasi sebesar Rp 5,9 triliun.

Beroperasinya Tol Pandaan-Malang mempercepat waktu tempuh dan mengurangi biaya mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang. Jalan tol juga diharapkan semakin menunjang sektor pariwisata seperti kawasan wisata dan taman safari Prigen, kebun teh Wonosari, Candi Singosari dan kawasan wisata Batu. Tol Pandaan-Malang juga akan meningkatkan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Sultan Abdul Rachman Saleh.

Pengguna jalan tol Pandaan-Malang akan disuguhi pemandangan alam pegunungan salah satunya di gerbang tol Lawang yang memiliki pemandangan menawan dari Gunung Arjuno. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar