Politik Pemerintahan

Rekom PDIP untuk Ponorogo Belum Turun, Ipong Santai

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni (foto : Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Ada tiga nama yang mendaftar dalam penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati yang diadakan oleh DPC PDI Perjuangan Ponorogo beberapa waktu yang lalu.

Mereka yang mendaftar pertama adalah Hardo sebagai bakal calon wakil bupati. Kemudian ada Lisdyarita yang mendaftar sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati. Dan yang terakhir mendaftar hanya sebagai bakal calon bupati adalah Ipong Muchlissoni.

Meski begitu, surat rekomendasi dari DPP PDIP juga belum turun kepada dua dari tiga nama tersebut.

Salah seorang yang mendaftar, Ipong Muchlissoni menanggapi santai belum turunnya surat rekomendasi dari partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri tersebut. Dia menyebut jika dalam pilkada serentak seperti tahun ini, PDIP selalu memberikan surat rekomendasi beberapa kali.

“Jadi pengumuman rekomendasi beberapa hari yang lalu, merupakan tahap pertama. Dan tidak semua kota/kabupaten keluar,” kata Ipong, Jumat (21/2/2020).

Dia ambil contoh di Jawa Timur, tahun ini ada 19 kota/kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada. Namun pada pengumuman tahap pertama ini cuma 3 daerah yang sudah keluar surat rekomendasinya. Yakni Ngawi, Sumenep dan Malang,

“Mengapa begitu, ya karena ini merupakan proses politik,” katanya.

Jadi, kata dia diperlukan pembicaraan maupun ngopi-ngopi sambil diskusi. Bupati petahana ini mengaku hingga saat ini dirinya belum melakukan komunikasi dengan DPP PDIP. Sedangkan untuk DPD PDIP Jatim hanya lewat sambungan telepon.

“Komunikasi saya ya hanya dengan DPC PDIP Ponorogo,” katanya.

Ipong mengaku tidak merisaukan belum turunnya surat rekomendasi dari PDIP tersebut. Karena itu memang hak prerogatif dari mereka. Dia menyebut jika partai politik di Ponorogo maupun di Indonesia itu bukan hanya PDIP saja, tercatat ada 10 partai. Nah 8 dari 10 partai itu secara verbal sudah menyatakan dukungannya kepada dirinya.

“Saya berusaha akan mengakomodir atensi dari partai-partai tersebut,” pungkasnya.

Sekedar diketahui PDIP mengumumkan calon kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada Serentak 2020 pada Rabu (19/2/2020) lalu. Pengumuman itu dihadiri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala Analisa dan Pengendali Situasi (Situation Room) PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP PDIP bidang politik dan keamanan Puan Maharani, dan Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar