Politik Pemerintahan

Rekap Suara di KPU Tuban Hingga Tengah Malam Belum Selesai

Tuban (beritajatim.com) – Hari pertama pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten yang berlangsung di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) jalan Pramuka nomor 3, Kota Tuban berlangsung hingga tengah malam, Selasa (30/4/2019).

Pelaksanaan mulainya rekapitulasi penghitungan suara itu mundur sekitar 2 jam dari jadwal undangan. Proses pelaksanaan rekap hasil penghitungan suara tingkat kabupaten tersebut pertama adalah Kecamatan Kenduruan. Kotak suara yang berisikan CI hasil Pleno di Kecamatan Kenduruan itu baru dibuka pada pukul 11.14 WIB.

“Pada hari pertama ini kita akan buka sepuluh kecamatan. Mudah-mudahan berjalan lancar semuanya,” jelas Kasmuri, Ketua KPU Tuban saat membuka rapat pleno tersebut.

Kasmuri menjelaskan, dalam proses rekapitulasi tersebut setiap kecamatan diperkirakan memakan waktu selama satu jam sampai satu jam setengah. Sehingga untuk membuka semua rekap akan berlangsung sampai dengan malam hari.

“Kita asumsikan satu jam satu kecamatan. Langsung dibacakan lima hasil pemilihan,” papar Kasmuri di hadapan para saksi serta undangan yang hadir dalam rekapitulasi itu.

Hingga pukul 23.00 WIB, proses rekapitulasi di kantor KPU TubanĀ  baru mendapatkan delapan kecamatan. Berdasarkan kesepakatan awal, proses rekapitulasi tersebut dilanjutkan atau tidak, guna menyelesaikan 10 kecamatan, masih menunggu kesepakatan pada pukul 24.00 WIB.

Sementara itu, delapan kecamatan yang sudah selesai adalah Kecamatan Kenduruan, Jatirogo, Bancar, Senori, Bangilan, Tambakboyo, Singgahan, dan Kecamatan Montong. Hingga saat ini proses rekapitulasi masih berlangsung dengan pengawalan ketat dari puluhan petugas Polres Tuban. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar