Politik Pemerintahan

Rekap Pemilu di Jember Terancam Molor

Jember (beritajatim.com) – Rekapitulasi penghitungan suara pemilu di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terancam molor. Semua tergantung pada cepat tidaknya penyelesaian persoalan caleg Hanura di Daerah Pemilihan II.

Saat ini rekapitulasi suara di Dapil II ditunda, karena ada persoalan kesalahan surat suara. Ariandri Shifa Laksono, calon legislator DPRD Jember nomor urut 5 di Daerah Pemilihan II, tidak tercantum dalam surat suara. Dalam surat suara justru tercantum nama Sugeng Hariyadi, calon legislator yang sudah meninggal dunia dan sudah diusulkan pergantiannya oleh DPC Hanura sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

Ketua Badan Pengawas Pemilu Jember Thobroni Pusaka mengatakan, rekap bisa ditunda lagi sampai penyelesaian persoalan. “Bisa saja ada tambahan waktu atau mundur, tidak ada masalah. Menurut jadwal, rekap maksimal sampai tanggal 7 Mei sebelun bergeser ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jatim,” katanya.

Bawaslu sudah melayangkan surat undangan klarifikasi ke komisioner KPU Jember, Sabtu (27/4/2019). “Tapi KPU minta penjadwalan ulang dengan alasan semua komisioner sibuk mempersiapkan rekapitulasi,” kata Tobroni. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar