Politik Pemerintahan

Ratusan Surat Suara di Masalembu Ditemukan Tercoblos Sebelum Digunakan

Sumenep (beritajatim.com) – Dugaan kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ditemukan di Pulau/ Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep. Di TPS 3 Desa Masalima, Kecamatan Masalembu, ratusan lembar surat suara ditemukan sudah tercoblos sebelum surat suara itu digunakan oleh pemilih.

“Surat suara yang tercoblos itu adalah surat suara untuk Calon Presiden/ Wakil Presiden, kemudian surat suata untuk DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, dan DPR RI,” kata Ketua Panwascam Masalembu Nurul Hidayatullah, Rabu (17/4/2019).

Ia menjelaskan, di TPS 3 Desa Masalima, itu ditemukan 69 surat suara untuk caleg DPRD Kabupaten yang sudah tercoblos. Kemudian surat suara DPRD Provinsi sebanyak 68 yang sudah tercoblos, untuk DPR RI sebanyak 59 surat suara yang sudah tercoblos, dan 70 surat suara untuk Calon Presiden/ Wakil Presiden, juga sudah tercoblos.

Terungkapnya dugaan kecurangan tersebut berawal ketika ada warga yang akan mencoblos menggunakan KTP karena tidak terdaftar di DPT. Pemilih tersebut terkesan dipersulit oleh KPPS. Padahal saat itu sudah jam 12.30, yang merupakan waktu bagi pemilih DPK (daftar pemilih khusus) untuk memberikan hak suaranya.

“Pengawas TPS nelpon saya, laporan kalau ada pemilih di DPK yang tidak diijinkan nyoblos oleh KPPS. Saya kemudian datang ke TPS itu, dan warga yang masuk DPK ini akhirnya diijinkan nyoblos,” ungkap Nurul.

Ternyata surat suara yang diberikan pada pemilih ini sudah tercoblos. Padahal dia belum melakukan pencoblosan. “Akhirnya saya melakukan pengecekan untuk surat suara lainnya yang belum digunakan pemilih. Ternyata ditemukan semuanya sudah tercoblos,” ujarnya.

Nurul pun langsung menghentikan proses pemungutan suara di TPS 3. Pemilih yang masuk DPK dan belum menggunakan hak pilihnya, diarahkan ke TPS terdekat.

“Untuk kotak suara dan surat suara yang sudah tercoblos, dibawa ke Panwascam. Sedangkan seluruh petugas KPPS di TPS 3 itu diamankan di Mapolsek Masalembu,” terangnya.

Kecamatan Masalembu merupakan salah satu kecamatan kepulauan di Kabupaten Sumenep. Dalam kondisi cuaca normal, untuk mencapai Pulau Masalembu, diperlukan waktu tempuh perjalanan laut selama 14 jam dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar