Politik Pemerintahan

Ratusan Calon Kades di Tuban Dikumpulkan di Pendopo, Ini Tujuannya

Tuban (beritajatim.com) – Sebanyak 668 orang Calon Kepala Desa (Cakades) serta ratusan panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dari bagai desa di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban dikumpulkan di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Selasa (18/6/2019).

Ratusan Calon Kades tersebut dikumpulkan di pendopo Kabupaten Tuban itu adalah untuk mengikuti Ikrar Deklarasi Pilkades Damai tahun 2019 ini. Kegiatan itu dilakukan oleh Pemkab Tuban untuk selalu menjaga Pilkades serentak tahun ini supaya berlangsung aman dan damai.

Data yang himpun beritajatim.com, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tuban akan berlangsung pada tanggal 10 Juli 2019 nanti. Adapun untuk desa-desa yang sudah pasti ikut dalam Pilkades serentak tahun ini sebanyak 273 desa dari seluruh kecamatan di Tuban Bumi Wali ini.

“Ikrar Pilkades damai ini dilaksanakan agar pada pelaksanaan Pilkades nanti berjalan damai, aman dan tidak menimbulkan perpecahaan antar warga,” ungkap Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati (Wabup) Tuban.

Wabup menambahkan, persiapan tahapan dalam pelaksanaan Pilkades yang tinggal beberapa hari lagi itu sudah dilakukan penetapan nomor Calon Kades. Dan saat ini telah memasuki tahapan sosialisasi untuk masing-masing calon yang ikut dalam pesta demokrasi tingkat desa itu.

“Semua tahapan sudah berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Sempat yang terjadi kendala pada tahapan pendaftaran kemarin, untuk saat ini tahapan pilkades berjalan lancar,” tambahnya.

Untuk pelaksanaan Pilkades Serentak 2019 ini seharusnya diikuti sebanyak 274 desa dari 20 kecamatan di Kabupaten Tuban. Namun, satu desa yakni Desa Banjarrejo, Kecamatan Bancar, gagal ikut Pilkades Serentak tahun ini karena kurang persiapannya.

“Untuk yang tidak bisa ikut Pilkades Serentak tahun ini bisa melaksanakan Pilkades sendiri. Kalau mau Pilkades sendiri bisa saja asal desanya mampu, tapi kalau sendirian itu biasanya biayanya porsi terbesar dari desa itu sendiri,” pungkasnya.

Sementara itu, selain dihadiri ratusan Calon Kades dan ratusan panitia desa, kegiatan Ikrar Damai Pilkades 2019 ini langsung dihadiri Bupati Tuban, Wakil Bupati Tuban dan Waka Polres Tuban. Selain itu jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) juga ikut dalam kegiatan.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar