Politik Pemerintahan

Rakor Kesiapsiagaan Jelang Pemilu, Ini Harapan Bupati Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 yang tinggal beberapa hari lagi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tuban menggelar rapat koordinasi Kesiapsiagaan Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Kamis (4/4/2019).

Rapat koordinasi tersebut berlangsung di Pendopo Krido Manunggal, dengan melibatkan pihak Kepolisian, TNI, KPU dan juga Bawaslu Tuban. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 500 peserta yang berasal Forkopimcam, seluruh Kepala Desa (Kades) dan juga Kasi Trantib.

Rapat koordinasi untuk kesiapsiagaan menjelang Pilpres dan Pileg 17 April 2019 itu dengan narasumber dari Polres Tuban, Kodim 0811 Tuban, KPU dan Bawaslu Tuban. Ratusan peserta tersebut diajak untuk turut menyukseskan pelaksanaan Pemilu supaya berjalan dengan aman dan damai.

“Kegiatan ini sebagai upaya mewujudkan Pemilu yang kondusif, aman dan damai. Dalam menyongsong pesta demokrasi di Kabupaten Tuban kita terus berupaya meningkatkan koordinasi secara internal serta melibatkan institusi terkait,” terang Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Tuban Heri Muharwanto.

Rakor kesiapsiagaan Satlinmas tersebut langsung dibuka oleh Bupati Tuban Fathul Huda. Bupati menginstruksikan agar seluruh aparatur pemerintah mulai dari desa/kelurahanan sampai dengan kabupaten bisa lebih waspada dalam menghadapi ancaman dan gangguan.

“Setiap desa atau kelurahan diharapkan mampu menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Selain itu, anggota Linmas juga dapatnya memahami tugas dan tanggungjawabnya untuk mengarah ke intelgensi dan pola pikir untuk lebih siap dalam upaya melindungi masyarakat secara arif dan bijak. Sehingga masyarakat secara umum sadar pentingnya keberadaan linmas pada lingkungannya, dalam rangka ketahanan nasional,” jelas Bupati Tuban.

Bupati juga berharap agar Linmas mampu merubah paradigma perlindungan masyarakat yang selama ini hanya bersifat responsif menjadi lebih preventif. Hal ini sebagai upaya dalam mewujudkan kesiapsiagaan di lingkungan masyarakat.

“Dengan demikian masyarakat akan lebih siap apabila timbul permasalahan, sebab masyarakatlah yang lebih awal merasakan dampak dari suatu permasalahan,” papar Bupati Tuban dua periode tersebut di hadapan ratusan hadirin. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar