Politik Pemerintahan

Raih 4 Kursi di DPRD, Ini Kata Ketua PSI Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berhasil meraih empat kursi dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019 di Kota Surabaya, Jawa Timur, sehingga dipastikan akan mendapatkan satu fraksi di DPRD Surabaya.

“Semua itu karena caleg DPR RI, DPRD Jatim dan DPRD Surabaya saling kerja sama. Semua turun ke bawah, blusukan. Kami kunjungi rumah satu persatu. Kami juga cari orang-orang golput,” kata salah seorang caleg PSI, William Wirakusuma.

Merujuk hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 di KPU Kota Surabaya, PSI mendapatkan suara partai politik dan caleg di lima Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Surabaya sebesar 90.758 suara dengan perincian Dapil 1 mendapatkan 18.189 suara, Dapil 2 mendapatkan 11.342 suara, Dapil 3 mendapatkan 29.659 suara, Dapil 4 mendapatkan 13.742 suara dan Dapil 5 mendapatkan 17.826 suara.

Adapun caleg yang dipastikan lolos yakni Alfian Limardi dari Dapil 1 mendapat 2.964 suara, William Wirakusuma dari Dapil 3 mendapat 5.142 suara, Tjutjuk Supariono/Khendy Ferary dari Dapil 4 yang masing-masing mendapatkan 2.502 suara dan Josiah Michael mendapatkan 3.883 suara.

Sementara itu, Ketua DPD PSI Puji Kurniasari mengatakan PSI tidak ada strategi khusus untuk memenangkan Pemilu 2019 di Surabaya. “Cuma ada pembakalan caleg saja, semua aturan sudah dibuat DPP PSI,” katanya.

Pembekalan tersebut, kata dia, semua caleg ditekankan agar tidak melakukan politik uang sekaligus menyampaikan pendidikan politik ke masyarakat, mengajak kaum muda  lebih sadar dan melek politik.

“Kebanyakan teman-teman kita masih muda. Mungkin mereka lebih gencar ketemu dengan komunitas-komunitas. Mereka juga tidak melupakan berkunjung dari rumah ke rumah warga,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, antarcaleg di masing-masing dapil saling mengenalkan relasi atau kenalannya di dapilnya kepada caleg PSI di luar dapil.

“Misalnya saya di dapil 2 punya kenalan di dapil 3, maka saya kenalkan kenalan itu ke  caleg di dapil 3. Kita tidak jalan sendiri, kita saling kerja sama. Itu salah satu trik kita,” katanya.[ifw/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar