Politik Pemerintahan

PWI Pamekasan: Pers Sehat Negara Kuat

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, Abd Aziz menyampaikan pers yang sehat bakal melahirkan negara yang kuat. Salah satunya dengan berpartisipasi aktif dalam pengawasan dan kontrol dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

“Peran pers sebagaimana dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, salah satunya sebagai kontrol. Sehingga ikut serta mensukseskan pelaksanaan pemilu berkualitas juga menjadi tugas penting para insan pers,” kata Abd Aziz, Sabtu (16/2/2019).

Apalagi dalam regulasi tersebut, para insan pers juga dituntut berperan aktif mewujudkan pelaksanaan pesta demokrasi berkualitas, jujur, adil, bebas dan transparan. “Kami meyakini pesta demokrasi berkualitas akan terwujud bila didukung oleh semua elemen masyarakat, di antaranya para insan pers,” ungkapnya.

“Peran aktif insan pers sangat dibutuhkan sekaligus menjadi salah satu elemen penting dalam sistem demokrasi, sebab bagaimanapun pers sehat pada akhirnya bakal melahirkan negara yang kuat,” sambung mahasiswa Pascasarjana Media dan Komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Pihaknya mengajak seluruh insan pers khususnya yang tergabung dalam organisasi profesi untuk bersama-sama mewujudkan pesta demokrasi berkualitas dan bermartabat. Terlebih bersamaan dengan momentum politik 2019.

“Dengan ini kami mendorong insan pers yang tergabung di organisasi profesi agar bekerja sama dengan institusi terkait untuk ikut secara bersama-sama melakukan pengawasan. Tentunya sesuai dengan kode etik jurnalistik dan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar