Politik Pemerintahan

Pustakawan Pamekasan Imbau DD Dialokasikan untuk Perpusdes

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pamekasan, berencana menjalin koordinasi dan kerjasama intens dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat, demi mewujudkan program Perpustakaan Desa (Perpusdes).

Gagasan tersebut bukan tanpa alasan, sebab saat ini sangat terbuka peluang untuk membangun atau bahkan memajukan Perpusdes di setiap desa dengan adanya program bantuan bagi desa, yakni Dana Desa (DD).

“Kami meminta para kepala desa atau lurah agar menyisihkan sebagian DD untuk Perpusdes, sehingga masyarakat desa juga bisa menikmati keberadaan Perpusdes,” kata Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pamekasan, Kusairi, Senin (4/2/2019).

Keberadaan perpustakaan di tingkat desa dinilai bisa membantu perkembangan perpustakaan di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, khususnya di tingkat desa. “Selama ini Perpusdes hanya mengandalkan dana bantuan seadanya, sehingga tidak maksimal,” ungkapnya.

“Kami berharap kedepan nantinya ada sinergitas antara pihak Perpustakaan Daerah, DPMD dan pemerintahan desa. Apalagi selama ini pengelolaan Perpusdes memang sangat minim dan belum maksimal,” imbuhnya.

Dari itu pihaknya meminta sekaligus berharap agar gagasan tersebut bisa segera terealisasi, ditambah dengan adanya kebijakan pemerintah pusat yang memperbolehkan penggunaan dana desa untuk Perpusdes. “Selain itu, DD juga bisa dimanfaatkan untuk pengembangan tenaga pengelolanya,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar