Politik Pemerintahan

Puluhan Ribu Surat Suara Rusak, KPU Kabupaten Kediri Sortir Ulang

Kediri (beritajatim.com) – Puluhan ribu surat suara Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019 di Kabupaten Kediri, Jawa Timur disortir, karena dinyatakan rusak. Kerusakan logistik alat kelengkapan TPS ini diketahui saat KPU setempat melakukan setting dan packing logistik di gudang penyimpanan.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaru Iswara mengatakan, kerusakan surat suara tersebut dikarenakan adanya bercak noda, cetakan tidak sempurna dan gradasi warna yang disebabkan oleh pelipatan saat tinta masih basah. Kerusakan surat suara paling banyak ditemukan pada surat suara untuk DPR RI dengan jumlah sekitar 10 ribu lembar.

Dari penemuan puluhan ribu surat suara rusak pada sortir awal tersebut, imbuh Sapta kemudian dilakukan penelitian ulang dan didapati 80 persen masih dinyatakan layak. Sortir ulang ini melibatkan tim khusus KPU bersama Bawaslu setempat.

KPU Kabupaten Kediri memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan proses setting dan packing logistik hingga, 10 April 2019. Dalam kegiatan ini, KPU melibatkan sedikitnya 300 orang warga sekitar yang telah diberikan pembekalan terlebih dahulu.

Hingga hari keempat pelaksana setting dan packing logistik ini, KPU baru menyelesaikan dua wilayah kecamatan yakni, Pare dan Purwoasri. KPU akan mematok target pekerja dalam sehari mampu merampungkan logistik untuk empat wilayah kecamatan sekaligus.[nng/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar