Politik Pemerintahan

Puluhan Kepala Daerah Se-Indonesia Kagumi Command Center 112

Surabaya (beritajatim.com) – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengajak 13 wali kota anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) regional IV ke gedung Siola, Jumat (22/3/2019). Di gedung Siola itu, mereka ditunjukkan mal pelayanan publik, Command Center 112 dan Koridor.

Di Command Center 112 itu, Wali Kota Risma menjelaskan bahwa ruangan itu merupakan pusat komando yang siap siaga 24 jam nonstop untuk membantu warga Kota Surabaya dari berbagai masalah. Layar monitor CCTV dan pemantauan cuaca ditunjukkan oleh Wali Kota Risma. Termasuk pelayanan psikolog yang disediakan 24 jam nonstop. Para tamu itu pun terkagum-kagum dengan inovasi Surabaya yang mampu memonitor berbagai penjuru di Kota Surabaya.

Setelah puas melihat Command Center 112, Wali Kota Risma mengajak para tamu itu melihat Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang ruangannya tidak jauh dari Command Center 112. Selanjutnya, para tamu-tamu itu diajak berkunjung ke Koridor, tempat anak muda berkreasi. Saat itu, banyak anak muda yang sedang diskusi dan memanfaatkan komputer-komputer yang disediakan oleh Pemkot Surabaya. “Jadi, tempat ini semacam tempat kerja bersama. Para startup tempat kerjanya di sini. Yang berkunjung anak muda dan yang jaga semuanya juga anak muda,” tegas Wali Kota Risma.

Setelah keluar dari Koridor, Wali Kota Risma dan para anggota APEKSI melakukan cap tangan yang nantinya akan ditempelkan di pohon-pohon di Taman Harmoni. Mereka kompak melakukan cap tangan itu bersama-sama.  Selanjutnya, rombongan ini melihat langsung sentra UMKM yang ada di pojok lantai bawah gedung Siola. Di sentra itu, para tamu terlihat memborong beberapa produk UMKM yang dipajang, mulai dari minum-minuman, makanan hingga baju-baju batik.

Sementara itu, Ketua Apeksi Regional IV, Dewanti Rumpoko mengatakan setelah berkeliling di gedung Siola itu, ia mengapresiasi kinerja dan inovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Bahkan, ia mengaku hanya memiliki satu kalimat untuk Pemkot Surabaya. “Saya cuma punya satu kalimat, di sini kita tahu bahwa pemerintah itu ada untuk masyarakat, semua fasilitas dan semua apa yang dibutuhkan untuk masyarakat ada di sini. Jadi, judulnya Pemerintah Kota Surabaya ada untuk masyarakat,” kata Dewanti yang sekaligus Wali Kota Batu ini.

Menurut Dewanti, banyak hal yang dapat dipelajari dari Surabaya dan dapat diimplementasikan di daerah-daerah anggota APEKSI, termasuk di Kota Batu. Salah satu yang akan diterapkan oleh Dewanti di Kota Batu adalah penerapan CCTV yang menjangkau hingga ke pelosok kota. “Mungkin seperti CCTV di seluruh pelosok. Apalagi kota kami kan kota pariwisata, sehingga untuk keamanan dan kenyamanan para wisatawan, CCTV itu sangat penting untuk memantau situasi dan kondisi, supaya para wisatawan nyaman,” kata dia.

Selain itu, ia juga memuji pengelolaan startup di Kota Surabaya. Bagi dia, semua kreatifitas dan inovasi yang dilakukan oleh Wali Kota Risma sangat luar biasa dan ia pun berencana untuk menerapkan di Kota Batu. “Insyallah akan kami buat juga di Kota Batu,” imbuhnya.

Ia pun bersyukur karena sudah banyak anggota APEKSI yang melakukan kerjasama dan menandatangani MoU dengan Kota Surabaya. Kerjasama itu dalam bidang pelayanan, kreatifitas, inovasi dan juga penerapan smart city, sehingga dia berharap kota-kota yang ada di Indonesia bisa meniru berbagai inovasi yang telah dilakukan Wali Kota Risma di Kota Surabaya. “Kita mudah-mudahan bisa mengekor Bu Risma dan Alhamdulillah sudah ada beberapa kota yang melakukan MoU dengan beliau (Wali Kota Risma). Mudah-mudahan kita akan betul-betul bisa mentransfer ilmu-ilmu yang ada di Surabaya,” ujarnya.

Dewanti menambahkan, rombongan wali kota ini untuk mengadakan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah IV (RAKOR KOMWIL IV) APEKSI di Kota Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh 13 kota anggota APEKSI wilayah IV yang terdiri dari Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Batu, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Bima, Kota Kupang, Kota Mataram dan Kota Denpasar.

Rakor Komwil IV APEKSI ke-15 di Surabaya digelar mulai Jumat 22 Maret hingga Minggu 24 Maret 2019. Agenda utamanya penyusunan program kerja APEKSI Wilayah IV tahun 2020. Ia memastikan, semua anggota APEKSI ini hadir semua, meskipun bukan wali kotanya, tapi Sekretaris Daerahnya hadir dalam acara itu. “Alhamdulillah ini bos-bos semua di daerahnya. Dan semuanya terkagum-kagum dengan Kota Surabaya, makanya beliau (Wali Kota Risma) berhak mendapatkan sesuatu yang sangat luar biasa,” pungkasnya. (ifw/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar