Politik Pemerintahan

PSU TPS 03 Masalima Pulau Masalembu Nihil Pelanggaran

Sumenep (beritajatim.com) – Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 03, Desa Masalima, Kecamatan/ Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep berlangsung relatif lancar. Tidak ditemukan adanya dugaan pelanggaran pada pelaksanaan PSU tersebut.

“Kami melakukan pengawasan penuh saat PSU berlangsung. Alhamdulillah, tidak ditemukan hal-hal yang mengarah pada tindakan pelanggaran Pemilu,” kata Ketua Panwaslu Kecamatan Masalembu, Nurul Hidayatullah, Rabu (24/04/2019).

Ia memaparkan, tingkat partisipasi masyarakat saat PSU berlangsung cukup tinggi. Dari 212 pemilih yang tercatat di DPT, pemilih yang memberikan hak suaranya sebanyak 123 orang.

“Yang hadir ke TPS saat PSU sebanyak 123 orang. Itu termasuk pemilih yang masuk Daftar Pemilih Khusus (DPK) atau pemilih yang menggunakan KTP,” ujarnya.

Untuk perolehan suara Pilpres saat PSU di TPS tersebut, pasangan nomor urut 01 Jokowi – Ma’ruf mendulang 80 suara. Kemudian pasangan nomor urut 02 mengantongi 30 suara. Sedangkan suara tidak sah sebanyak 13.

“Untuk penghitungan suara di tingkat kecamatan, berdasarkan hasil koordinasi dengan PPK, akan digelar mulai Kamis besok,” terang Nurul.

PSU tersebut dilaksanakan sesuai rekomendasi Bawaslu Kabupaten Sumenep, terkait temuan kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2019, berupa surat suara tercoblos sebelum digunakan.

Temuan Panwascam Masalembu, ada, ratusan lembar surat suara yang sudah tercoblos sebelum surat suara itu digunakan oleh pemilih.

Rinciannya, 69 surat suara untuk caleg DPRD Kabupaten yang sudah tercoblos. Kemudian surat suara DPRD Provinsi sebanyak 68 yang sudah tercoblos, untuk DPR RI sebanyak 59 surat suara yang sudah tercoblos, dan 70 surat suara untuk Calon Presiden/ Wakil Presiden, juga sudah tercoblos. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar