Politik Pemerintahan

Proppo, Kecamatan Terbanyak Gelar Pilkades di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Kecamatan Proppo, Pamekasan, tercatat sebagai kecamatan dengan jumlah terbanyak yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, Jum’at (11/9/2019) mendatang.

Tercatat sebanyak 13 desa di kecamatan Proppo, yang akan menggelar pilkades serentak 2019. Masing-masing Desa Banyubulu, Campor, Candi Burung, Jambaringin, Klampar, Kodik, Panglemah, Proppo, Rangperang Dheje, Rangperang Laok, Samatan, Sarambah, dan Tlangoh.

Urutan terbanyak kedua ditempati kecamatan Pademawu, dengan total sebanyak 12 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak. Masing-masing Desa Badduri, Buddih, Bundher, Dasok, Durbuk, Lemper, Pademawu Temor, Pegangan, Prekbun, Sentol, Sopaah, dan Tambung.

Disusul Kecamatan Tlanakan, dengan total sebanyak 11 desa, yakni Desa Ambat, Branta Pesisir, Branta Tinggi, Bukek, Dabuan, Kramat, Manggar, Panglegur, dan Taroan, Terrak. “Dari 93 total desa yang akan melaksanakan pilkades, tercatat tiga kecamatan dengan jumlah desa terbanyak, yakni kecamatan Proppo, Pademawu dan Tlanakan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Achmad Faisol,┬áJum’at (5/7/2019).

“Selanjutnya delapan desa di kecamatan Pakong, yang dijadwalkan akan melaksananan pilkades serentak, yakni Desa Banban, Bendungan, Cenlecen, Klompang Barat, Klompang Timur, Lebbhek, Palalang dan Seddur,” sambung pria yang akrab disapa Pak Faisol.

Sementara tujuh desa akan melaksanakan pilkades serentak tersebar di tiga kecamatan berbeda, yakni Kecamatan Larangan, masing-masing Desa Blumbungan, Lancar, Larangan Loar, Larangan Dalem, Panaguan, Peltong dan Tentenan Temor.

Berikutnya kecamatan Pagantenan, yakni Desa Bulangan Timur, Palesanggar, Pagantenan, Plakpak, Tebul Barat, Tebul Timur dan Tlaga. Disusul kecamatan Batumarmar, yakni Desa Blaban, Kapang, Lesong Dheje, Lesong Laok, Pangerreman, Ponjanan Barat dan Ponjanan Timur.

“Jadi untuk pelaksanaan pilkades tahun ini, akan digelar serentak di sebanyak 93 desa di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan. Termasuk desa di kecamatan Kota (Pamekasan), yakni di empat desa berbeda,” jelas Faisol.

Selain desa di tujuh kecamatan di atas, juga terdapat puluhan desa dari enam kecamatan berbeda yang akan menggelar pilkades serentak, yakni enam desa di kecamatan Galis. Masing-masing Desa Galis, Konang, Lembung, Pagendingan, Polagan, dan Ponteh.

Berikutnya tiga kecamatan dengan masing-masing lima desa, yakni Kecamatan Kadur; Desa Gagah, Kadur, Pamaroh, Kertagenah Laok, dan Bungbaruh. Kecamatan Palengaan; Desa Akkor, Larangan Badung, Palengaan Dheje, Panaan, dan Rekkerek. Kecamatan Pasean; Desa Bindang, Dempo Temor, Sotaber, Dempo Barat, dan Tlonto Radja.

Sementara dua kecamatan dengan jumlah desa paling sedikit yang akan melaksanakan pilkades serentak, yakni kecamatan Pamekasan (Kota), yakni hanya empat desa berbeda; Desa Laden, Nyalabuh Dheje, Toronan, dan Teja Timur. Terakhir Kecamatan Waru, yakni Desa Ragang, Tampojung Pregi dan Tlonto Ares. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar