Politik Pemerintahan

Presiden PKS: Anggota DPRD se-Jatim Bela Rakyat dan Jaga NKRI!

Surabaya (beritajatim.com) – DPW PKS Jatim mengadakan pembekalan bagi anggota DPRD kabupaten/kota terpilih dari PKS se-Jawa Timur. Acara tersebut digelar di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya pada Minggu (18/8/2019). Sejumlah 104 orang anggota DPRD menjadi peserta kegiatan ini.

Acara bertema ‘Anggota Legislatif sebagai Wakil Rakyat dan Duta Budaya Jawa Timur’ ini diawali dengan penyematan udheng (penutup kepala) khas Jawa Timur kepada Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman yang hadir ke dalam ruangan diiringi alunan gamelan.

Peserta yang hadir pun nampak memakai udheng khas daerah masing-masing. Demikian pula para anggota dewan perempuan yang memakai kain selendang batik khas kabupaten/kotanya.

Dalam arahannya, Sohibul Iman menyampaikan bahwa anggota dewan PKS harus memiliki ruh soliditas, konsistensi, militansi, kreativitas, serta keberpihakan yang jelas kepada kepentingan rakyat.

Selain itu, Sohibul Iman menyampaikan bahwa anggota Dewan PKS harus memiliki konsistensi kinerja di empat ranah pengabdian.

“Pertama, ranah pengabdian menjaga dan mempertahankan NKRI. Menjaga keutuhan bangsa dan ketahanan negara. Kedua, ranah pengabdian kepada rakyat. Mewujudkan janji-janji kampanye dan memperjuangkan kesejahteraan rakyat. Menjaga kinerja legislasi, anggaran dan pengawasan,” ujar Sohibul.

“Ketiga, ranah pengabdian kepada partai dan kader partai. Selalu menjaga hubungan baik, soliditas, dan solidaritas. Dan keempat, ranah pengabdian dapil masing-masing. Agar dapil yang diwakilinya semakin berkembang dan mengalami kemajuan,” lanjut mantan Wakil Ketua DPR RI ini.

Pada acara tersebut, para peserta juga diminta untuk menandatangani Pakta Integritas dan membacakan ikrar. Ketua Umum DPW PKS Jatim, Arif Hari Setiawan memimpin pembacaan Pakta Integritas yang berisi tiga poin. Pertama, setia kepada Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Kedua, taat kepada setiap keputusan partai. Dan ketiga, tidak menyalahgunakan wewenang serta tidak melakukan korupsi.

Dalam pembekalan ini juga dihadirkan narasumber dari Kodam V/Brawijaya dan Polda Jatim yang menyampaikan materi mengenai Implementasi Sinergi Pertahanan dan Ketahanan Nasional serta materi Kolaborasi Peran Polri dan DPRD dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Daerah.

Acara berlangsung hingga pukul 21.00 malam ini dan diakhiri dengan pembagian buku ‘Memikul Amanah Rakyat’ yang disusun oleh Sekretaris Umum DPW PKS Jatim Irwan Setiawan. (tok/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar