Politik Pemerintahan

Rekapitulasi Suara di Kabupaten Magetan

Prabowo Kalah, Saksi Paslon 02 Tak Mau Tanda Tangan

Magetan (beritajatim.com) – Rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten di Magetan telah selesai. Untuk pilihan presiden pasangan calon nomor 01 Jokowi-Ma’ruf Amin mendapat 286.038 suara. Sedangkan untuk pasangan calon nomor 02 Prabowo-Sandi hanya mendapat 136.383.

Pemilu yang berlangsung damai dan lancar di Magetan tersebut diwarnai tindakan saksi dari tim pemenangan paslon nomor 02 yang tidak menandatangani berita acara penghitungan suara Pilpres 2019. Namun demikian, hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten itu tetap dikirimkan ke KPU Jawa Timur.

”Tidak adanya tanda tangan salah satu saksi paslon tidak mengurangi keabsahan hasil rekapitulasi, jadi DB-1 tetap sah,” kata Ketua KPU Magetan Poppy MS Putranto, saat dikonfirmasi pada Jumat (3/5/2019).

Selain form DB-1 yang tidak mau tanda tangan, saksi dari Badan Pemenangan Daerah (BPD) Magetan Capres-cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno juga melakukan hal serupa, saat diberi kesempatan untuk meneken DB-2. Hal itu, menurut Poppy, akan menjadi kejadian khusus.

”Bagi pihak yang tidak puas hasil rekapitulasi bisa menyanggah. Batas maksimal pengajuan keberatannya samapai 12 Juni mendatang,” pungkanya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar