Politik Pemerintahan

Prabowo Kalah di Kota Malang, Saksi Tak Mau Tanda Tangan Hasil Rekapitulasi

Malang (beritajatim.com) – Proses rekapitulasi tingkat kota yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang telah rampung, Sabtu, (4/5/2019). Dari hasil rekapitulasi KPU Kota Malang paslon 01 memperoleh 345.696 suara sedangkan paslon 02 memperoleh 168.001 suara.

Ketua KPU Kota Malang, Zainudin mengatakan berita acara hasil rekapitulasi untuk saksi paslon 01 menyatakan tidak ada keberatan dan menandatangani formulir. Untuk saksi paslon 02 tidak mendatangani namun menulis keberatannya.

“Ini menurut peraturan tidak menjadi masalah kalau itu nanti juga bakal dijadikan bahan gugatan perolehan hasil di Mahkamah Konstitusi,” kata Zainudin.

Zainudin, memberi contoh sekalipun Ketua KPU tak menandatangani hasil rekapitulasi juga tak menggugurkan hasil penghitungan tingkat kota. Nantinya, surat keberatan dari paslon 02 bakal dilaporkan saat penghitungan ditingkat KPU Provinsi.

“Form keberatan itu akan kita sampaikan ketika rekapitulasi di tingkat provinsi. Tidak ada persoalan, bahkan ketua KPU tidak mau tandatangan tidak menghentikan prosesnya. Hasil rekapitulasi malam ini langsung dikirim ke KPU Provinsi,” papar Zainudin.

Selain itu, Zainudin mengaku KPU Kota Malang telah melampaui target dari KPU RI. Target jumlah pemilih di Kota Malang sebesar 70 persen, namun partisipasinya di Pemilu 2019 melebihi mencapai 78,8 persen. Adapun, jumlah pemilih baik, DPT, DPTb, maupun DPK sebanyak 664.259 orang sedangkan yang menggunakan hak pilih 523.976 orang.

“Tingkat partisipasi di Kota Malang, targetnya oleh KPU RI 70 persen dan allhamdulilah di Kota Malang tercapai tingkat partisipasi 78,8 persen,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar