Politik Pemerintahan

Ponorogo Siapkan Rp 3 M untuk Sepeda Motor Para Kades

Kepala BPPKAD Ponorogo Bambang Tri Wahono (Foto : Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemkab Ponorogo pada tahun depan, berencana untuk memberikan sepeda motor dinas kepada kepala desa (kades). Dengan sepeda motor tersebut, diharapkan bisa menunjang pembangunan di desa. Misalnya untuk mobilisasi pemungutan pajak dan memperlancar pelaksanaan berbagai tugas di pemerintah desa (pemdes) setempat.

”Intinya sesuai harapan Bapak Bupati, dengan adanya sepeda motor ini nantinya bisa menunjang kinerja para kades di Ponorogo,” kata Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Ponorogo Bambang Tri Wahono, Sabtu (23/11/2019).

Namun, kata Bambang Pemkab belum bisa memberikan sepeda motor ini secara maksimal dalam satu anggaran. Pemberiannya akan secara bertahap. Tahun 2020 nanti, Pemkab Ponorogo hanya menyediakan mungkin 50 persen dulu, sisanya pada tahun berikutnya.

”Mungkin untuk tahun 2020 nanti sekitar 100 desa lebih yang akan menerima sepeda motor, sisanya pada tahun berikutnya,” katanya.

Pemkab Ponorogo akan menyediakan dana sekitar Rp 3 miliar untuk pembelian sepeda motor untuk kades ini. Dengan asumsi harga sepeda motor per unit dikisaran 20-25 juta. Bambang menyebut jika jenis kendaraannya bisa saja matic ataupun motor bebek.

”Tapi juga akan melihat kondisi geografis dari tempat kades bertugas, sepeda motor apa yang cocok untuk dikendarai di desa yang bersangkutan,” katanya.

Pengadaan sepeda motor bagi kades dirasa perlu, karena kata Bambang pengadaan sepeda motor untuk kades kali terakhir pada tahun 2011 yang lalu. Saat itu kades mendapatkan kendaraan sepeda motor jenis bebek, yakni Supra X.

”Sepeda motor yang dulu bisa digunakan untuk perangkat desa yang lain, sedangkan kadesnya pakai motor yang baru,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar