Politik Pemerintahan

Ponorogo Raih 2 Penghargaan Prestisius, Apa Itu?

Bupati Ipong Muchlissoni dan jajaranya berfoto dwngan penghargaan Swasti Saba Wistara. (Foto: Humas Ponorogo)

Ponorogo (beritajatim.com) – Masyarakat Ponorogo patut berbangga, lemari koleksi penghargaan untuk kota reyog bertambah. Setelah belum kering dari ingatan mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan dan penghargaan atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan, kini dalam waktu sehari, Ponorogo berhasil membawa pulang 2 penghargaan prestisiua.

Pertama Kabupaten Ponorogo mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI. Dan selanjutnya penghargaan Award Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan Swasti Saba Wistara diterima langsung oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, penganugerahanya dilaksanakan pada hari Selasa (19/11/2019) di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Jakarta.

”Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan pelaksanaan Kabupaten Sehat Tahun 2019 ini,” kata Ipong, Selasa siang.

Penghargaan Swasti Saba ini, kata Ipong merupakan kolaborasi dan sinergi antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri untuk memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Daerah (Pemda) yang berkomitmen dan berhasil menjadikan Kabupaten/Kota Sehat di Tahun 2019. Dan dinilai berhasil dalam menciptakan kondisi Kabupaten untuk hidup yang bersih, nyaman, aman dan sehat.

”Jadi Swasti Saba Wistara (pengembangan) merupakan penghargaan tertinggi dari 3 tingkatan Swasti Saba. Berturut-turut ada Swasti Saba Wiwerda (tahap pembinaan) dan Swasti Saba Padapa (tahap pemantapan),” kata Ipong yang juga menyebut pada tahun 2017, Ponorogo berhasil menyabet Swasti Saba Wiwerda.

Ke depan Pemkab Ponorogo, kata Ipong akan berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat. Pihaknya juga berharap dukungan seluruh komponen masyarakat dalam menciptakan Kabupaten Sehat di Ponorogo.

”Terkait dengan program Kabupaten Sehat ini, Pemkab Ponorogo akan memfasilitasi kegiatan yang menjadi pilihan masyarakat, termasuk penggalian sumber daya manusia yang diperlukan,” katanya.

Sementara itu dihari yang sama, Pemkab Ponorogo juga mendapatkan penghargaan Award Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2019. Dimana penganugrahannya dilaksanakan di Jatim Expo Jl. Ahmad Yani Surabaya. Pemkab Ponorogo diwakili oleh Sekda Agus Pramono untuk menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ponorogo dinilai berhasil dalam menciptakan inovasi pembangunan ketahanan pangan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan hari pangan sedunia ke-39 Tahun 2019. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar