Politik Pemerintahan

Polisi Bersenjata Lengkap Amankan Rekapitulasi Suara KPU Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Polres Jombang menerjunkan 170 personel untuk pengamanan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu tingkat kabupaten yang digelar KPU setempat. Rakapitulasi tersebut digelar selama tiga hari di salah satu hotel di Jombang.

Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto mengatakan, polisi melakukan pengamanan dalam rangka menjamin keamanan dan kenyamanan proses rekapitulasi tersebut. Oleh sebab itu, petugas yang siaga di lapangan dibekali dengan senjata lengkap.

“Selama rekapitulasi tersebut, kami menerjunkan 170 personel bersenjata lengkap. Hal itu dilakukan guna memberi keamanan dan kenyamanan setiap tahapan pemilu, termasuk penghitungan suara tingkat kabupaten ini,” ujar Fadli, Kamis (2/4/2019).

Ketua KPU Jombang Muhaimin Shofie mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara akan dilakukan selama tiga hari, yakni mulai 1 hingga 3 Mei 2019. Itu dilakukan karena seluruh PPK yang ada di Kabupaten Jombang sudah selesai melakukan rekapitulasi suara.

“Sebanyak 21 kecamatan sudah kelar melakukan rekapitulasi. Tahap selanjutnya, penghitungan suara tersebut kita lakukan di tingkat kabupaten yang dimulai kemarin. Rencananya, hingga Jumat 3 Mei 2019,” kata Muhaimin.

Muhaimin mengatakan, sebanyak 21 kecamatan atau PPK tersebut tidak bisa dituntaskan dalam satu hari. Namun dilakukan penghitunan secara bertahap. Hari pertama sebanyak sembilan kecamatan, kemudian hari kedua delapan kecamatan, dan terakhir empat kecamatan.

“Saat ini merupakan hari kedua. Teknis pengitungannya, satu kecamatan langsung kita selesaikan penghitungan mulai pilpres, DPD dan pemilihan legislatif (DPR RI, DPRD tingkat I, DPRD tingkat II. Begitu seterusnya,” pungkas Muhaimin. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar